Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Cek Berat Badan Secara Berkala

Dengan rutin mengecek berat badan tidak akan membuat Anda kecolongan dan dapat memantau perkembangan kenaikan atau penurunan berat badan. Lakukan pengecekan setiap semiggu sekali. Namun jangan terlalu memusingkan hal-hal kecil, berat badan yang naik turun 0,5 - 1,5 kg dalam seminggu atau bahkan dalam sehari merupakan hal yang wajar.

Lepaskan Stres Dan Tidur Yang Cukup

Stres dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab berat badan naik. Jadi hindari stres dan dapatkan tidur minimal 8 jam setiap hari. Selain itu Anda juga dapat menerapkan teknik relaksasi dengan yoga.

Tetap Jaga Pola Makanan

Meskipun kini berat badan anda telah turun, bukan berarti bebas kembali makan apa saja. Hindari makanan dan minuman yang tidak sehat penyebab kegemukan seperti minuman bersoda, minuman manis, snack, junk food dan sejenisnya. Diet sehat dan seimbang dapat membantu mengendalikan kalori yang masuk dan memaksimalkan masukan vitamin dan mineral.

Berolah Raga

Aktifitas fisik seperti olah raga dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, olah raga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Lakukan olah raga seperti latihan kardio, angkat beban, latihan sirkuit, dan yoga secara bergantian atau mengkombinasikannya atau menghindari kebosanan.

Mempertahankan berat badan ideal tidak hanya mencegah berat badan naik, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat. Yang harus Anda lakukan hanyalah disiplin dalam berbagai hal. Selamat mencoba!