15 Khasiat Super dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

15 Khasiat Super dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh15 Khasiat Super dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Buah naga atau Dragon Fruit merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat dan khasiat ampuh bagi kesehatan. Selain memiliki khasiat yang super, Buah naga bisa dikonsumsi semua umur baik anak-anak maupun orang tua. Jadi bauh naga ini baik di konsumsi oleh keluarga Anda sebagai asupan gizi yang seimbang.

15 Khasiat Super dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Buah naga atau dalam bahasa latinnya Hylocereus Polyrhizus bisa dengan mudah Anda dapatkan baik itu di supermarket, pasar, bahkan di samping jalan pun banyak yang menjual buah ini. Tetapi sangat disarankan jika Anda membeli buah naga, pilihlah buah naga organik yang jauh dari penggunaan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Dengan begitu, khasiat dan manfaat buah naga pun tetap terjaga. Saat ini, buah naga organik sudah banyak di jual di supermarket seperti Alfamart, Indomart, Carefour, dan lain sebagainya.

Selain memberi jutaan manfaat bagi kesehatan, buah naga ini juga lezat untuk di konsumsi. Coba Anda perhatikan saat ini, sudah banyak perusahaan kecil yang menjadikan buah naga menjadi olahan-olahan yang unik dan enak. Olah-olahan tersebut bisa berupa jus buah naga yang dipadukan dengan buah lain, suplemen, dan lain sebagaianya.

Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah naga. Kandungan tersebut berupa Karbohidrat, Zat Besi, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2 dan B3, Serat, Kalsium tinggi, Karotin, dan Protein Tinggi. Selain itu, buah naga ini juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Kandungan seratnya pun sangat bermanfaat untuk pencernaan dan pengatur kadar gula darah agar terhindar dari Diabetes.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah naga. Khasiatnya pun bisa Anda dapatkan sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit. Khasiat dan manfaat buah naga lengkapnya bisa Anda baca sebagai berikut.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan Antioksidan tinggi. Sistem kekebalan tubuh manusia sangat penting untuk mencegah bakteri, virus, dan penyakit berkembang dalam tubuh. Tanpa antioksidan, penyakit ringan dapat menjadi parah dan mematikan. Oleh karena itu pentingnya Antioksidan untuk kesehatan harus diperhatikan, salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur. Selain buah naga, khasiat buah madu, khasiat buah jeruk, dan khasiat daun kelor juga membantu meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda memiliki anak yang susah untuk makan, buah naga adalah pilihan baik untuk Anda coba. Kandungan vitamin B1 dan B2 pada buah naga dipercaya berkhasiat ampuh menambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun orang tua. Hal ini tentunya akan mudah untuk anak Anda karena buah naga memiliki rasa yang enak dan warna yang unik. Senyawa Zink juga berperan untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Mengobati Batuk dan Meredakan Asma

Buah naga memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin C. Walau pun jeruk adalah yang paling tinggi dalam hal vitamin C, tidak ada salahnya Anda mencoba buah naga ini. Vitamin C pada buah naga akan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi atau luka pada asma. Selain itu buah naga juga dapat meringankan dan mengobati batuk. Selain buah naga, kandungan pada bawang putih dan jahe juga dapat meredakan asma.

4. Mencegah Diabetes Mellitus

Berdasarkan hasil penelitian oleh Marhazlina M, peneliti dari Department of Nutrition and Dietetics Faculty of Medicine and Health Sciences Universiti Putra di Malaysia, kadar gula pada penderita diabetes turun hingga 19,9 % hanya dengan mengkonsumsi buah naga merah rutin selama 4 minggu. Khasiat dan manfaat buah naga ini jelas terbukti tidak hanya menurunkan kadar gula, tetapi juga mencegah resiko penyakit jantung pada penderita diabetes mellitus. Bagi Anda yang tidak ingin merasakan dibetes lakukan pencegahan dari sekarang dengan rutin mengkonsumsi buah naga secara teratur.

5. Sebagai Nutrisi untuk Tulang dan Darah

Buah naga juga baik untuk tulang dan darah karena mengandung zat besi dan kalsium tinggi. Manfaat buah naga lainnya dapat memenuhi 8 % zat besi dari nilai harian. Kandungan kalsium tinggi pada buah naga diperlukan untuk mentrasmisi syaraf dan otot.

6. Menunda Penuaan Dini

Bagi kaum hawa yang mengidam-idamkan kulit tetap mulus di usia yang hampir tua, manfaat buah naga bisa dijadikan suplemen makanan yang baik bagi kulit. Kandungan antioksidan pada buah naga memperlambat proses penuaan pada kulit baik itu kulit wajah maupun badan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof Dr Muhammad Yusuf yang seorang ahli pengobatan tradisional China menyatakan buah naga dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebihan atau obesitas membuat Anda merasa tidak percaya diri. Banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi berat badan seperti olahraga yang teratur, melakukan diet sehat, mengurangi porsi makan, memilih makanan yang mempercepat proses metabolisme, dan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal ini akan terasa kurang jika tidak dengan memakan buah naga. Manfaat buah naga yaitu juga memiliki kandungan serat yang ampuh untuk menurunkan bedan badan.

 

Sumber: https://urbanescapesusa.com/xiaomi-benarkan-akan-luncurkan-mi-note-3/