4 Tips Merawat Ikan Arwana

4 Tips Merawat Ikan Arwana

4 Tips Merawat Ikan Arwana

4 Tips Merawat Ikan Arwana
4 Tips Merawat Ikan Arwana

Anda resah dalam merawat ikan arwana kesayangan? Ini ia salah satu ikan hias air tawar yang mempunyai nilai ekonomis paling tinggi. Siapa lagi jikalau bukan si ikan arwana. Keindahan yang dimiliki oleh ikan arwana terpancarkan dari paduan antara badan yang mengkilap ketika tertimpa cahaya serta gerak-geriknya yang gemulai. Selain itu, ikan arwana juga dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan kepada para pemiliknya. Tak ayal, meskipun harganya tergolong amat mahal, penggemar ikan arwana pun begitu banyak.

Ikan arwana pada umumnya dipelihara di akuarium. Semakin besar ukuran tangki yang dipakai akan semakin bagus karena memungkinkan ikan arwana di dalamnya dapat berenang dengan leluasa. Untuk menunjang keindahan ikan di dalamnya, akuarium tersebut biasanya dilengkapi dengan lampu yang bercahaya terang. Sinar yang berasal dari lampu kemudian akan memantul pada sisik ikan sehingga menghasilkan keindahan alami yang luar biasa.

Namun bukan berarti memelihara ikan arwana itu mudah dilakukan. Ada cukup banyak faktor-faktor pendukung yang perlu diperhatikan guna memastikan ikan-ikan arwana kesayangan Anda dapat tumbuh dengan sempurna. Apa sajakah itu?

    Menyediakan Akuarium yang Memadai

ikan guppy – Kesehatan ikan arwana sangat dipengaruhi oleh kondisi air yang ada di dalam akuarium. Anda juga perlu memasang beberapa alat tambahan akuarium ibarat aerator, heater, termometer, dan filter guna mendukung kelayakan air tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk memasang lampu TL dengan daya yang sesuai ukuran akuarium supaya tercipta panorama yang indah. Wajib hukumnya bagi Anda untuk menjaga kebersihan akuarium tersebut lewat mencucinya secara berkala.

    Mengontrol Kondisi Air

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, inti dari perawatan ikan arwana sebetulnya terletak pada kontrol terhadap air. Sebisa mungkin, kualitas air di dalam akuarium tersebut harus dijaga dengan baik. Jagalah supaya suhu air tetap berada di kisaran 25-27 derajat celsius dan tingkat keasamannya sekitar 6-7. Direkomendasikan untuk mengganti volume air di akuarium sebanyak 20-30 persen setiap 3-5 hari supaya kandungan mikroorganisme di dalamnya tertap terkontrol.

    Memberikan Makanan yang Disukai

Ikan arwana yaitu binatang karnivora. Makara Anda mampu memberinya makanan yang berjenis daging-dagingan. Beberapa pakan yang bagus untuk ikan arwana yaitu udang, jangkrik, dan kodok. Sebisa mungkin hindari memberinya pakan berupa kecoa dan cecak karena dikhawatirkan dapat menularkan penyakit. Beberapa penghobi percaya jikalau kelabang dan lipan mampu meningkatkan kecerahan warna sisik ikan arwana.

    Menambah Hiasan Pendukung

Sebagai penggemar ikan hias, tentunya Anda ingin mempunyai akuarium yang terlihat indah. Makara usahakan hindari hanya memasukkan ikan-ikan hias saja ke dalam akuarium tersebut. Anda mampu menambah ornamen-ornamen untuk mendukung akuarium ibarat pasir, bebatuan, karang-karangan, dan tumbuhan air. Selain kondisi akuarium bakal terlihat semakin indah, dijamin deh ikan arwana kesayangan Anda juga akan merasa lebih nyaman.