5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak – Ayo Kita Sehat

5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak – Ayo Kita Sehat5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak - Ayo Kita Sehat

Tentunya kita sudah tidak asing dengan buncis, Meski buncis murah dan mudah didapat, Manfaat buncis mampu memberikan sederet kesehatan untuk anak Anda dan keluarga. yang dijadikan olahan sayur yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buncis untuk, ibu hamil, kolestrol dan kesehatan
ilustrasi oleh pixaby.com

Mari kita cari tahu lebih dalam tentang Manfaat Buncis dan mengapa buncis memiliki manfaat yang banyak. Tentunya kita lebih mengenal Buncis sebagai sayuran yang bentuknya lebih menyerupai kacang panjang, buncis merupakan sejenis famili polong-polongan yang dapat dimanfaatkan bagian buah, biji dan daunnya sebagai olahan masakan setiap hari. Buncis tidak hanya untuk orang dewasa saja, akan tetapi buncis juga dapat menjadi menu makan anak-anak anda yang dapat menunjang kesehatan tubuhnya setiap hari.

Buncis sangat baik untuk diberikan bagi anak yang usianya menginjak 1 tahun. Ini karena buncis merupakan;

1. Sumber Protein

Buncis adalah salah satu sumber sayuran yang memiliki protein tertinggi di antara sayuran lainnya. Untuk mendapatkan manfaat dari sayur buncis ini, buncis harus dikonsumsi namun dalam keadaan kondisi kering.

2. Sumber vitamin A

Di dalam buncis juga terkandung Vitamin A yang tinggi, anda pastinya bahwa tahu Vitamin A adalah unsur yang dapat membantu meningkatkan kualitas penghilatan anak. Tentunya anda juga harus memperhatikan masalah ini. yakni menjaga kesehatan mata anak mulai sejak kini karena kesehatan mata sangat penting untuk anak.

Vitamin A adalah salah satu unsur antioksidan yang dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan penglihatan yang baik dan menjaga jaringan mata yang kuat. Buncis mempunyai kandungan 1.087 unit vitamin A per 100 gram. Ini berarti untuk sekitar 326 mikrogram. Kebutuhan Asupan yang direkomendasikan dalam vitamin A adalah 900 mikrogram per hari bagi anak laki-laki lebih dari 14 dan 700 mikrogram per hari untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini.

3. Sumber asam folat

Folat atau asam folat termasuk dalam golongan vitamin B. Vitamin ini berperan aktif dalam produksi sel darah merah, yang nantinya turut andil dalam meningkatkan penyerapan gizi ke seluruh organ tubuh anak. Di samping itu, kandungan folat juga berguna dalam memperkuat sel-sel otak, yang membantu meningkatkan fungsi kerja otak.

4. Sumber antioksidan

Buncis mengandung flavonoid, alkaloid, katekin, dan antosianin. Semua senyawa ini berguna sebagai antioksidan untuk menetralisir adanya radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh. Dengan ini, risiko kerusakan sel dan DNA yang di akibatkan radikal bebas akan menjadi semakin kecil atau bahkan hilang sama sekali.

5. Sumber serat

Serat yang terdapat didalam buncis sangat berguna dalam menjaga kesehatan usus. Dengan kesehatan usus yang terjaga, secara tidak langsung anak akan mengalami peningkatan nafsu makan, dan terhindar dari gangguan buang air besar, yang akhirnya membuatnya jauh dari penyakit. Dan itulah salah satu manfaat buncis bagi kesehatan yang sangat besar.

6. Sumber mineral

Buncis merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan mineral dalm buncis sangat penting dalam menunjang pembentukan tulang dan gigi anak, serta berbagai fungsi untuk tubuh lainnya.

Zat besi dan mangan adalah suatu zat yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Zat besi sangat berperan penting dalam perputan oksigen dan mangan membantu penyerapan kalsium, produksi hormon, dan juga fungsi saraf. Di dalam setiap 100 gramnya Buncis terkandung 26 persen dari rekomendasi kebutuhan harian zat besi dan 10 1/2 persen dari asupan mangan yang direkomendasikan. Dan di dalam Buncis memiliki kedua mineral ini.

Untuk mendapatkan manfaat buncis dan nutrisi yang terkandung di dalamnya yang tentunya sangat baik bagi kesehatan anak. tidak salah jika anda memasukkannya ke dalam menu hariannya. Selamat mencoba!

 

Sumber: https://multiply.co.id/whatsapp-berlakukan-pip-panggilan-video/