Alat Pengumpul Data

Alat Pengumpul Data

Alat pengumpul data merupakan jenis data yang akan digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan atau ketidak keberhasilan dimana tindkan perbaikan pembelajaran yangakan dicobakan  dan dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi keduanya.

Jenis Data dan Pengumpulannya

  1. Macam-macam Pengumpul data

Untuk memperoleh data dan informasi dalam studi kasus tentu perlu dilakukan kegiatan pengumpulan data. Data sebagai informasi awal yang di butuhkan sebagai penunjang studi kasus, latar belakang keluarga, data tentang orang tua, saudara-saudara, taraf social ekonomi keluarga, suasana kehidupan keluarga, data tentang orang tua, saudara-saudara, taraf social ekonomi keluarga, suasana kehidupan keluarga adat-istiadat dan pola asuh orang tua.

  1. Metode Pengumpulan data

Dalam proses pengumpulan tentu di perlukan sebuah alat instrument pengumpul data. Alat pengumpul data dapat dibedakan menjadi dua yaitu alat pengumpul data dengan menggunakan metode test dan metode non tes

Pengumpulan Data dengan Metode Test

Test merupakan swuatu metode penelitian psikologis untuk memperoleh informasi tentang berbagai aspek dalam tingkah laku dan kehidupan batin seseorang, dengan menggunakan pengukuran (measurement) yang menghasilkan suatu deskripsi kuantitatif tentang aspek yang diteliti. Keunggulan meode ini adalah lebih akurat karena test berulang-ulang di revisi, instrument penelitian yang objektif. Sedangkan  kelemahan  dari metide ini adalah hanya mengukur satu aspek data, memerlukan jangka wakatu yang panjang karena haru dilakukan secara berulang-ulang, dan hanya mengukur keadaan siswa pada saat test dilakukan.

sumber :