Apa yang dikatakan perekrut tentang pasar pekerjaan teknologi saat ini

Apa yang dikatakan perekrut tentang pasar pekerjaan teknologi saat ini

 

 

Apa yang dikatakan perekrut tentang pasar pekerjaan teknologi saat ini
Apa yang dikatakan perekrut tentang pasar pekerjaan teknologi saat ini

Mengingat gencarnya pengumuman PHK tanpa henti – dengan pemotongan mendalam oleh Airbnb dan Uber mengumpulkan banyak perhatian industri minggu ini – masuk akal untuk bertanya-tanya: apa yang terjadi pada semua bakat yang diberhentikan? Bagaimana dampak perubahan penawaran dan permintaan membayar? Apakah ada yang aman di pasar ini?

Karena pertanyaan-pertanyaan itu menjadi pertimbangan utama bagi hampir semua orang di mana pun saat ini, kami menghubungi para perekrut di satu industri yang kami tahu – teknologi – untuk menanyakan apa yang mereka lihat dan prediksi mereka akan terjadi selama tiga hingga enam bulan ke depan. Tidak mengherankan, mereka mengatakan kepada kami bahwa mereka telah melihat penurunan tajam dalam pencarian kerja dan banyak pemotongan gaji, tetapi mereka juga mengatakan ada lapisan perak di masa-masa yang penuh gejolak ini.

Pertama berita buruk, dan untuk saat ini, sebagian besar berita buruk.

Posisi penjualan dan pemasaran – terutama di startup yang menghadapi konsumen – telah terpukul keras, dan mereka tidak akan kembali dalam waktu dekat, bahkan mungkin tidak pada tahun 2020. Carolyn Betts, pendiri perusahaan perekrutan nasional Betts Recruiting, mengatakan ketika “Virus corona menyerang dan pemberitahuan tentang perlindungan di tempat keluar, kami melihat 80% dari bisnis kami membeku. Dan kemudian turun dari sana. ”

Perusahaan rekrutmen Betts yang bootstrap – yang mengisi peran penjualan, pemasaran, dan operasi orang-orang – terpaksa melakukan PHK sendiri karena kehilangan bisnis, mengurangi 30 persen stafnya dan memotong gaji karyawan yang tersisa sebesar 20%, meskipun Betts mengatakan sebuah PPP pinjaman telah memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan membayar ke atas lagi sebesar 10%.

Sementara itu, ia memiliki barisan depan untuk pergantian yang hampir semalam dari pasar karyawan tempat kenaikan gaji dan penandatanganan bonus menjadi rutin, ke pasar yang didorong oleh perusahaan tempat para kandidat mendapatkan apa yang mereka dapatkan. “Ada begitu banyak bakat di pasar sehingga ada kandidat cadangan untuk kandidat cadangan.” Sarannya kepada kandidat pekerjaan saat ini adalah untuk mengenali permainan telah berubah dan tidak mendorong terlalu banyak atau risiko bahwa perusahaan yang mempekerjakan mungkin “hanya pindah ke kandidat berikutnya. Semua orang akan menyewa dalam anggaran mereka sekarang, dan mereka tidak akan membuat sebagian besar pengecualian. ”

Tingkat atas

Pencarian eksekutif juga, dapat diprediksi, sebagian besar dibekukan sekarang. Demikian saran Teri McFadden, seorang VP perekrutan di perusahaan ventura Norwest Venture Partners, di mana selama hampir 12 tahun ia telah membantu perusahaan portofolio perusahaan mengisi posisi kunci.

Sebelum COVID-19 melanda Amerika Serikat, firma itu memandang kira-kira “160 pencarian tingkat eksekutif aktif terbuka dalam portofolio kami – jelas lebih banyak daripada yang bisa ditangani tim saya di Norwest,” kata McFadden. (Seperti kebanyakan perusahaan ventura, Norwest terkadang mempertahankan perusahaan pencarian di luar.) Sekarang, jumlah itu telah turun lebih dari setengah. Beberapa, katanya, adalah “pembatalan penuh,” sementara “orang lain hanya menghentikan pencarian untuk melihat apa yang terjadi dalam beberapa kuartal berikutnya.”

Sementara itu, peran tertentu lebih sulit daripada yang lain, kata McFadden, yang secara khusus mengutip unit

pemasaran sebagai salah satu contoh. Dia juga mencatat bahwa gaji eksekutif di perusahaan-perusahaan yang terkena dampak paling negatif oleh virus corona akan turun, sebuah pengamatan yang dilihat publik bermain dalam pengumuman perusahaan setelah pengumuman perusahaan dalam beberapa minggu terakhir. Secara umum, katanya, petinggi mengambil pengurangan gaji 20% sementara tingkat manajemen berikutnya mengambil potongan gaji 10% dan “siapa pun di bawah tingkat gaji tertentu” tidak melihat pemotongan gaji. Tetapi itu bervariasi dari perusahaan ke perusahaan.

Bahkan insinyur di iklim saat ini tidak terhindar, saran Sam Wholley, mitra lama dengan perusahaan rekrutmen Lembah Silikon, Riviera Partners, yang berspesialisasi dalam rekayasa, produk, dan kepemimpinan desain. Sementara pekerjaan baru membayar kira-kira apa yang mereka lakukan dua bulan lalu, baik Wholley dan McFadden mengharapkan pasar teknik melunak dalam beberapa bulan mendatang, dengan gaji turun 10 hingga 20 persen. (Wholley mengatakan bayaran untuk para insinyur cenderung dengan cara ini bahkan sebelum virus mengirim semua orang untuk berlindung.)

Dorong tarik

Ini masalah permintaan dan penawaran. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, pasokan bakat teknik mungkin melebihi kebutuhan untuk itu – atau, setidaknya, kemampuan untuk membayarnya. Memang, ditanya apakah perusahaan yang lebih muda yang menerima pendanaan tahap awal mungkin dapat menyerap para insinyur yang telah dilepaskan oleh perusahaan yang lebih besar, Wholley mengatakan bahwa, “sayangnya, saya tidak berpikir begitu, dan saya tidak berpikir akan seperti itu untuk sementara waktu. ” Sementara perusahaan baru selalu diciptakan, ia melanjutkan, “Mungkin bisa sampai satu tahun untuk menemukan pasangan yang tepat.” Ini mungkin juga berarti “mencari dalam industri yang berbeda atau mungkin geografi yang berbeda” daripada yang dilihat calon teknik di masa lalu.

Tapi tunggu! Seperti yang dijanjikan, beritanya tidak semuanya mengerikan.

Karena banyak sektor teknologi bertahan lebih baik daripada di tempat lain, masih ada beberapa gerakan di bagian perekrutan.

Untuk bagiannya, Betts mengatakan dia mulai melihat perusahaan “naik level” tim mereka, yang berarti berpisah dengan “berkinerja rendah dan menggantinya dengan bakat yang telah memasuki pasar.” Ini khususnya terjadi pada industri yang “menjual ke pemerintah, dalam keamanan, yang menjual perangkat lunak kolaborasi, dan dalam perawatan kesehatan,” dia mengamati.

Betts juga mencatat bahwa beberapa pelanggan di tempat-tempat seperti Texas di mana orang memasuki kembali ruang publik “membuka” dan mulai menyusun strategi tentang siapa yang ingin mereka rekrut atau rekrut.

“Banyak orang telah menerima bantuan terkait rencana pertumbuhan mereka,” kata Betts, “tapi ini bulan Mei. Ketika semuanya kembali [ke keadaan yang lebih normal], [tim manajemen] akan diharapkan menginjakkan kaki di gas untuk mengganti waktu yang hilang, dan tidak ada yang ingin ditangkap dengan kaki datar. Jika Anda mulai merekrut ketika semua orang mengatakan ‘pergilah,’ Anda melewatkan kepala Anda. ”

McFadden dan Wholly menggemakan intinya, dengan Wholley mengatakan bahwa “tangan yang kuat terus

merekrut” dan McFadden menawarkan secara terpisah bahwa Norwest melihat dua kategori perusahaan yang “siap untuk melakukan jangka panjang dengan baik,” termasuk startup yang lebih muda yang berfokus pada pengembangan produk ( dengan lebih sedikit mulut untuk diberi makan), dan mereka yang menemukan lebih banyak permintaan untuk produk mereka sekarang, seperti alat perangkat lunak yang dibuat secara tegas untuk tim jarak jauh dan bahkan perusahaan pewarna rambut langsung ke konsumen.

Sementara itu masih sejumlah kecil pengusaha potensial, “Saya pikir secara umum,” kata McFadden, “perusahaan mulai berpikir tentang seperti apa kehidupan setelah COVID-19.”

Terdengar nada optimis, dia menambahkan, “Tidak semua malapetaka dan kesuraman.”

Baca Juga: