Bagian Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

Bagian Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

Bagian Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

Bagian Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium
Bagian Cara Budidaya Ikan Guppy di Aquarium

Persiapan Peralatan Budidaya Ikan Hias Guppy

Peralatan yang perlu disediakan pada budi daya guppy di aquarium itu , diantaranya aerator , tempat/wadah dan tanaman air. Mengenai wadah aquarium buat pemijahan hias guppy itu bisa berbentuk bak plastik , semen serta aquarium kaca. Manfaat dari wadah yang disediakan itu yaitu pembelahan untuk indukannya mencakup 2 tempat , pemijahan satu tempat buat lakukan perkawinan , satu tempat untuk lakukan penetasan dan pembibitan dengan 1 peliharaan larva. Ketinggian wadah memiliki ukuran minimum 30 cm , sesaat untuk pembibitan memerlukan ketinggian tempat memiliki ukuran 50 cm lebih.

Bagian Penentuan Indukan

Untuk cara budidaya guppy di aquarium , langkah ke-2 sesudah penentuan peralatan yakni penentuan indukan. Umumnya model kelamin betina dan jantan pada guppy bisa di lihat berdasar pada bentuk fisiknya. Buat berjenis kelamin jantan memiliki warna bersinar dan kontras dengan badan yang lebih ramping memiliki sirip menjumbai. Sesaat , buat betina umumnya memiliki bentuk membulat dengan gabungan warna agak kusam dan tidak memiliki bentuk sirip menjumbai. Anda dapat juga pilih indukan guppy ideal supaya membuahkan keturunan tambah baik.

Langkah Pemisahan Indukan

Saat sebelum pembenihan , jadi berjenis kelamin betina serta jenis kelamin jantan terlebih dulu harus dipisahkan memakai wadah terpisah. Baiknya wadah di isi memakai air lantas ditukar untuk setiap 1 hingga 3 harian. Pembelahan itu umumnya dikerjakan sambil memberikannya makan berkwalitas tinggi. Anda dapat memberi makan moina atau daphnia satu hari 2 kali.

Pemijahan Guppy

Bagian cara budidaya ikan guppy di aquarium selanjutnya yaitu pemijahan/pembenihan dengan mempersiapkan wadah di isi air bersih dengan pada awal mulanya diendapkan terlebih dulu minimum sepanjang 1 hari. Kedalaman air meraih 25 cm untuk pembenihan itu. Anda dapat sediakan hydrilla atau tanaman air juga sebagai tempat bercumbu. Pemijahan/pembenihan padat dengan penebaran wadah yang kurang dari 30 individu per 100 liter air dengan ukuran lebar aquarium 1 x 0 , 5 m yang bisa menyimpan sejumlah 20 betina ikan dan 10 pejantan.

Penetasan Benih

Buat penetasan benih , wadah di isi air bersih yang telah di aerasi. Kwalitas air bias dijaga melalui pergantian air baru ketiga untuk setiap 1 hingga 3 hari. Tanda-tanda hamilnya guppy bisa di lihat 2 minggu sesudah sistem pembenihan. Guppy itu bisa hamil sampai 1-3 kali pada satu konsepsi serta bisa membuahkan sekitar 3000 hingga 10. 000 telur.

Pendederan Benih Puppy

Waktu pendederan benih , jadi kolam di tempatkan pada ruang terbuka. Tambahkan tanaman air seperti eceng gondok atau hydrilla juga sebagai tempat berlindung. Lantas tambahkan aerasi pada aquarium.

Pemberian Pakan

Pada guppy barusan menetas tidak butuh memberi penambahan makanan karena masih tetap ada sisa makan pada perutnya yang masih tetap melekat kira-kira 3 hingga 5 harian. Benih bisa diberikan penambahan makanan berupa kutu air atau artemia ikan.

Baca Juga: