berbuat baik kepada Ibu dan atau Ayah yang sudah meninggal dunia

berbuat baik kepada Ibu dan atau Ayah yang sudah meninggal dunia

apabila ibu dan ayah masih hidup, si anak berkewajiban berbuat baik, dan itu mudah dilakukan  dengan berbagai macam cara, baik yang bersifat moral, maupun yang bersifat material.

            Bagaimana berbuat baik kepada orang tua yang sudah tiada. Dalam hal ini menurut tuntunan ajaran islam sebagaimana yang di ajarkan oleh Rasulullah dari Abu Usaid:

            Artinya:

            Abu Usaid berkata:”kami pernah berada pada suatu majelis bersama Nabi, sesorang bertanya kepada Rasulullah :wahai Rasululah, apakah ada sisa kebajikan setelah keduanya meninggal dunia yang aku untuk berbuat  sesuatu kebaikan kepada kedua orang tuaku”. Rasulullah bersabda: “ya, ada empat hal: mendoakan dan memintakan ampun untuk keduanya; menepati/melaksanaka janji keduanya; memuliakan teman-teman kedua orang tua; dan bersilatuhrahim yang engkau tiada mendapatkan kasih sayang kecualikarena kedua orang tua”.[7]

            Hadits ini menunjukkan cara kita berbuat baik kepada ibu dan ayah kita, apabila beliau-beliau itu sudah tiada.

  1.  Akhlak Kepada Orang Tua Menurut Al-Qur’an dan Hadits

a).        Al-Qur’an

Artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Q.S Luqman : 14)

baca juga :