Cara Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

Cara Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

pengertian lan

Cara Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

Cara Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

Bagi kalian yang lupa cara memasang Front Panel,silahkan dibaca artikel saya ini ūüėÄ
semoga bermanfaat bagi pembaca agar tidak lupa lagi cara memasang Front Panel.

Kabel Front Panel merupakan komponen penting pada PC yang sering kali terlupakan pemasangannya. Kabel ini memiliki fungsi yang vital untuk sebuah PC. Melalui kabel ini kita dapat menghidupkan PC dengan menekan tombol power pada bagian casing atau kita dapat me-restart komputer dengan menekan tombol restart. Kabel Front Panel ini sendiri umumnya terdiri dari 4 Pasang Kabel, yaitu :

  1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
  2. Lampu LED Power (POWER LED)
  3. Tombol Reset (RESET SW)
  4. Tombol Power (POWER SW)
    Petunjuk pemasangan kabel Front Panel ini sendiri biasanya sudah ada pada Buku Manual Motherboard tersebut. Tapi, sekarang hampir semua motherboard menggunakan standar yang sama dalam peletekan Pin-pin.
    up1
    Ini Adalah Letak Front Panel Pada Motherboard

    up2
    Ini Adalah Pin Pada Front Panel

    Kabel Front Panel terdiri dari 10 pin. Sehingga lima pin yang berada dibawah semuanya bernomor ganjil, dari kiri ke kanan bernomor 1-3-5-7-9. Sedangkan pin-pin yang berada pada barisan atas bernomor genap 2-4-6-8-10. Pin yang Kosong adalah Pin 10.

    Berikut ini adalah susunan pemasangan Kabel Front Panel :
    • 1-3 Ke Kabel¬†HDD LED
    • 2-4 Ke Kabel¬†POWER LED
    • 5-7 Ke Kabel¬†RESET SW
    • 6-8 Ke Kabel¬†POWER SW
    • Sedangkan¬†Pin 9 dibiarkan Kosong
    Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Untuk menghafalkannya dapat menggunakan susunan berikut seperti 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif , negatif-positif, dan positif-negatif. Dan sudah pasti hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.
    Untuk menentukan kabel positif dan negatif caranya dengan melihat warnanya saja. Kabel negatif umumnya berwarnaputih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam maka biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.

Pos-pos Terbaru