CARA MEMBEDAKAN BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA

CARA MEMBEDAKAN BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA

CARA MEMBEDAKAN BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA

CARA MEMBEDAKAN BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA
CARA MEMBEDAKAN BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA

Burung Cendet, burung kicau yang memiliki suara indah dan bervariatif. Burung Cendet atau burung pentet atau burung toet (mau nyebut apa aja boleh) adalah burung yang bersifat teritorial dan cenderung galak untuk melindungi teritorinya.

Maka, tak jarang jika hendak dipegang, burung ini cenderung galak dan suka mematuk tangan kita. Tetapi jika Burung Cendet ini dipelihara sejak piyikan atau anakan, sifat galaknya hilang. Bahkan cenderung jinak dan lenjeh.

Burung Cendet jantan dan Burung Cendet betina

juga memiliki karakter yang berbeda. Tahu nggak bagaimana Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina? Bagi para pemula mungkin masih cukup sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, tetapi bagi yang sudah senior dan berpengalaman pasti sangat mudah membedakannya.

Bagi Anda penyuka Burung Cendet dan yang masih pemula, berikut Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina secara umum dilihat dari bentuk fisiknya.

Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan

  • Bulu berwarna hitam pada bagian pipi cendet jantan terlihat hitam mencolok/lugas.
  • Bentuk kepala cendet jantan terlihat lebih datar/ceper.
  • Pada saat masih anakan, Burung Cendet jantan memiliki warna hitam pada bagian ekornya.
  • Pada bagian supit, cendet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, dan motif garis bulunya tidak beraturan. (Baca juga Gambar Burung Cendet Jantan)

Ciri-Ciri Burung Cendet Betina

  • Bulu berwarna hitam pada bagian Burung Cendet betina terlihat semu/tidak terlalu lugas.
  • Bentuk kepala cendet betina terlihat bulat/menggelembung.
  • Pada saat masih anakan, warna hitam pada bagian ekornya tidak jelas.
  • Pada bagian supit, cendet betina memiliki bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang menyerupai kembang/bunga.

Sekarang Anda sudah tahu Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina. Silakan coba datang ke pasar burung di kota Anda, lalu cari Burung Cendet dan coba bedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Selamat mencoba! (Baca juga Mengenal Jenis Burung Cendet)

Baca Artikel Lainnya: