Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Saat Work From Home

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Saat Work From Home

 

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Saat Work From Home
Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Saat Work From Home

Internet jadi amunisi utama saat work from home selama pandemik corona ketika rapat konferensi video atau unggah dokumen. Manakala koneksi internet ‘lemot’, bekerja akan tak maksimal.

Ada delapan cara untuk mempercepat koneksinya lantaran internet rumahan tak selalu dapat melakukan tugas itu, sebagaimana diwartakan TIME dikutip Antara:

1. Hindari Jam Sibuk

Mulai bekerja pada pukul 9 pagi? Sepertinya ini bukan waktu yang tepat lantaran mungkin banyak orang yang berpikir seperti itu. Penggunaan bandwith tinggi pada saat bersamaan bisa memperlambat koneksi.

Dilematis memang jika ada jadwal rapat pada pukul tersebut, tapi bandwith-nya sedang lagi tinggi-tingginya. Solusinya, tunda beberapa menit untuk mengurangi beban. Penundaan 10 menit pun dapat meningkatkan kualitas panggilan dan mengurangi kemungkinan disconnected.

2. Unggah Dokumen pada Malam Hari

Jika memungkinkan, unggah dokumen dengan kapasitas besar pada malam hari. Waktu-waktu ini adalah periode penggunaan bandwith rendah lantaran biasanya orang terlelap. Lakukan penjadwalan ini termasuk untuk update program.

3. Matikan yang Tak Digunakan

Ada perangkat yang ‘nyambung’ ke internet tapi tak digunakan? Ada baiknya matikan saja lantaran perangkat ‘idle’ juga menguras bandwith meski porsinya tak besar.

4. Pahami Kerja Router

Setiap router memiliki fitur dan spesifikasi berbeda, tapi alat ini punya cara kerja yang kurang lebih sama. Pahami kerja router untuk menunjang performanya agar koneksi internet dapat maksimal.

Sebagai contoh, router bisa diatur untuk memprioritaskan perangkat tertentu. Router juga dapat memutus koneksi perangkat yang tak dikenali, misalnya, ada tetangga yang ‘nyolong’ internet rumah.

Memiliki router dual-band (frekuensi 2.4GHz dan 5GHz)? Pertimbangkan untuk memindahkan komputer ke band

5GHz yang biasanya menawarkan kecepatan lebih cepat dengan kisaran biaya rendah.

5. Letakkan Router di Tempat yang Tepat

Jika bekerja di ruangan yang berbeda, penghalang seperti pintu, partisi, atau dinding bisa menurunkan kekuatan koneksi internet. Pertimbangkan menempatkan router di tempat yang terlihat mata atau setidaknya di tempat yang tidak terhalang.

6. Ganti Router

Jika di rumah banyak orang menggunakan router yang sama, pertimbangkan router yang lebih mumpuni agar dapat mengatasi seluruh lalu lintas data internet dari berbagai perangkat.

Jika sudah menggunakan router nirkabel, upgrade ke yang mendukung MU-MIMO agar memungkinkan beberapa

perangkat mengirim dan menerima data secara bersamaan.

Pertimbangkan jaringan router mesh untuk memperbaiki setiap titik mati internet. Menggunakan jaringan mesh juga berarti lebih sedikit tekanan pada router mesh, karena perangkat akan terhubung ke router terdekat.

7. Koneksi Kabel

Jika punya opsi untuk melepaskan koneksi nirkabel, bikin koneksi langsung antara perangkat dan router. Internet nirkabel nyaman, tetapi ada latensi–waktu sinyal bolak-balik antara router dan perangkat–dibandingkan dengan koneksi kabel.

Latensi menyebabkan hilangnya informasi, yang mengarah pada kelambatan, dan kualitas yang menurun. Ini cukup berdampak pada konferensi video dengan rekan kerja.

8. Pertimbangkan Upgrade atau Beralih

Jika beberapa poin di atas tak cukup membantu, pertimbangkan membayar ekstra untuk upgrade koneksi internet yang lebih cepat atau beralih ke ISP lain.

Akan tetapi, pastikan ke perusahaan apakah kantor menawarkan keleluasaan bagi karyawannya untuk upgrade atau beralih terkait tagihan, saat pekerja mereka bekerja dari rumah.

Sumber:

https://finbarroreilly.com/tiny-hamsters-apk/