Ciri-Ciri Masa Tua

Ciri-Ciri Masa Tua

Ciri-Ciri Masa Tua

Ciri-Ciri Masa Tua

  • Usia lanjut merupakan periode kemunduran

Periode selama usia lanjut ketika kemunduran fisik dan mental terjadi secara perlahan dan bertahap dan pada waktu kompensasi terhadap penurunan ini dapat dilakukan , dikenal sebagai ‘’senescence’’yaitu masa proses menjadi tua.


Istilah ‘keuzuran’’(sinelity) digunakan untuk mengacu pada periode waktu selama usia lanjut apabila kemunduran fisik telah terjadi disorganisasi mental. Seseorang yang menjadi eksentrik, kurang perhatian,dan terasing secara sosial, maka penyesuaian dirinya pun buruk biasanya disebut ‘’uzur’’. Sikap tidak senang terhadap diri sndiri , orang lain, pekerjaan, dan kehidupan pada umumnya dapat menuju keadaan uzur , karena terjadi perubahan pada lapisan otak. Akibatnya, orang menurun secara fisik dan mental akan segera mati.


  • Orang lanjut mempunyai status kelompok minoritas

Status kelompok orang minoritas ini terjadi sebagai akibat dari sikap sosial yang tidak menyenangkan terhadap orang usia lanjutdan diperkuat oleh klise yang tidak menyenangkan tentang mereka.

Kelompok orang usia lanjut disebut sebagai warga Negara kelas dua, yang hidup dengan status bertahan dan mempunyai efek penting terhadap pribadi dan penyesuaian sosial penting. Jika kalau orang orang usia lanjut dikorbankan dalam beberapa hal mereka sesungghnya merupakan korban.


Karena keadaan yang sakit sakitan, kesepian, dan terror yang mengancamnya membuat mereka mudah menjadi mangsa para tukang obat, khusus nya mereka yang terserang penyakit. Sifat seperti ini merupakan sifat tamak, sehingga  menimbulkan reaksi yang tidak simpatik terhadap sifat tamak mereka. Ini semua merupakan penipuan besar yang diatur secara licik.


  • Menua membutuhkan perubahan peran

Hal ini mengakibatkan pengurangan jumlah kegitan yang dapat dilakukan oleh orang usia lanjut, dank arena nya perlu mengubah berbagai peran yang masih dilakukan atas dasar keinginan seseorang, jadi bukan atas dasar tekanan yang datang dari kelompok sosial. Tetapi pada kenyataan nya pengurangan dan perubahan peran ini banyak terjadi karena tekanan sosial.


Karena sikap sosial yang tidak menyenagkan bagi kaum usia lanjut, pujian yang mereka hasilkan dihubungkan dengan peran usia tua bukan dengan keberhasilan mereka. Perasaan tidak berguna dan tidak diperlukan lagi bagi orang yang berusia lanjut menbumbuhkan rasa rendah diri dan kemarahan, yaitu perasaan yang tidak menunjang  proses penyesuaian sosial seseorang. Busse dan Pfeifer mengatakan ‘’adalah hal yang sulit untuk mempertahankan identitas positif seseorang jika tiang tiang yang diperlukan untuk identitas peran seseorang telah hilang.


  • Penyesuaian yang buruk

Orang usia lanjut secara tidak proporsional menjadi subjek bagi masalah emosional dan mental yang berat. Insiden psikopatologi timbul seiring dengan bertambahnya usia. Gangguan fungsional keadaan depresi dan paranoid terus bertambah sama sepeti penyakit otak setelah berusia 60 tahun. Kasus bunuh diri juga meningkat seiring dengan usia, dan jumlah kasus bunuh diri paling sering dilakukan oleh pria kulit putih.


Baca Juga :