Ciri-ciri Pendidik

Ciri-ciri Pendidik

Ciri-ciri Pendidik

  1. Memiliki kewibawaan

Pendidik harus memiliki kewibawaan (kekuasaan batin mendidik) dan menghindari penggunaan kekuasaan lahir, yaitu kekuasaan yang semata-mata didasarkan pada unsur wewenang jabatan. Kewibawaan justru merupakan sesuatu pancaran batin yang dapat menimbulkan pada pihak lain sikap untuk mengakui, menerima, dan menuruti dengan penuh pengertian atas kekuasaan tersebut.

  1. Mengenal peserta didiknya

Secara umum, anak usia kelas rendah berbeda sifatnya dengan anak usia kelas tinggi, begitu pula secara khusus setap anak walau dalam satu kelas dan usia yang tidak jauh berbeda, sifatnya secara khusus berbeda pula. Untuk itu seorang pendidik harus mengenal peserta didik secara khusus agar pendidikannya dapat sesuai dengan setiap anak secara perorangan, hal tersebut dapat dipelajari dari psikologi perkembangan.

  1. Membantu peserta didiknya

Bantuan yang diberikan pendidik harus sesuai dengan yang diharapkan anak didiknya. Kita maklumi bahwa setiap peserta didik mau menjadi dirinya sendiri, ingin berdiri sendiri, mau bertanggung jawab sendiri dan ingin menentukan sendiri. Untuk itu pendidik tidak boleh terlalau memaksakan kehendak tapi ingat pada keinginan anak didiknya tersebut.

baac juga :