Eksim (Eksema)

Table of Contents

Eksim (Eksema)

Terdapat dua penyakit kulit eksim (eksema) yakni eksim kering dan eksim basah yaitu salah satu jenis penyakit kulit yang banyak menyerang anak-anak hingga remaja. Faktor penyebab eksim sangat banyak seperti karena sabun, stres, debu, deterjen dan pengaruh cuaca. Eksim dapat tumbuh dimana saja seperti tangan, kaki dan tubuh lainnya.

Psoriasis

Psoriasis yaitusalah satu jenis penyakit kulit yang banyak menyerang manusia terutama pada kulit kepala. Banyak penyakit kulit posriasis sehingga penyebab penyakit kulit ini masih belum diketahui secara jelas, akan tetapi diduga penyebab terjadi karena autoimun, dimana sistem imun berbalik menyerang sel kulit sehat. Gejala psosiasi ditandai dengan sisik tebal putih melekat pada kulit berlapis-lapis dan mudah gugur.

  1. Melanoma

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit mengalami perubahan tahi lalat. Penyebab kanker kulit bernama melamoma ini disebabkan karena paparan sinar matahari, namun juga kanker kulit tiba-tiba muncul pada tubuh yang tidak terkena sinar UV. Faktor penyebab terkena melanoma diantaranya kulit kering yang mudah terbakar matahari, pengaruh usia, memiliki tahi lalat, penurun sistem imun.

  1. Seborrheic Keratosis

Seborrheic keratosis yakni (tumor jinak) salah satu jenis penyakit kulit tidak berbahaya namun membuat penderita malu. Penyebab sebbrrheic keratosis belum diketahui secara jelas, akan tetapi diduga dipengaruhi oleh faktor keturunan.

  1. Pitted Keratolysis

Pitted keratolysis yaitu salah satu jenis penyakit kulit yang banyak dirasakan oleh pria maupun wanita. Penyakit kulit ini dapat timbul pada telapak kaki atau telapak tangan. Ciri-ciri pitted keratolysis yakni terdapat lubang-lubang kecil tumpang tindih diantara yang lain. Bakteri penyebab pitted keratolysis yakni coryneform.

  1. Keloid
deherba com

Keloid yaitu salah satu penyakit kulit pada manusia. Penyebab keloid timbul karena terdapat luka enah luka sobek, terbakar, bekan operasi, luka dicakar hewan dan lain-lain. Sehingga keloid tumbuh disekitar luka tersebut dan membentuk daging besar.

  1. Cantengan (Ingrown Toenails)

Cantengan disebut (ingrown toenail) yakni kuku kaki yang tumbuh kedalam, sehingga dapat menyebabkan bengkak, terasa nyeri karena jaringan luka tersebut telah luka. Penyebab cantengan yakni faktor keturunan, diabetes, memoton kuku tidak benar, memakai sepatu terlalu rapat.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/