ersiapan Media Tanam dalam Polybag

ersiapan Media Tanam dalam Polybag

  1. Siapkan polybag tempat penanaman yang berlubang kiri kanannya untuk pengaturan air.
  2. Masukkan media tanam ke dalamnya berupa campuran tanah dengan pupuk kandang 2 : 1 sebanyak 1/3 volume polybag. Tambahkan pestisida sistemik 24 gr/tanaman untuk mematikan hama pengganggu dalam media tanah.
  3. Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam polybag setinggi 1/3 nya.
  4. Tambahkan pupuk buatan sebagai pupuk dasar yaitu 10 gr SP 36, 5 gr KCl dan 1/3 bagian dari campuran 10 gr Urea + 20 gr ZA per tanaman (2/3 bagiannya untuk pupuk susulan). Biarkan selama 3 hari, kemudian siram dengan larutan pupuk hayati MiG6PLUS dengan dosis 10ml : 1 liter air.

Penanaman di Lapangan

  1. Siapkan bedengan yang dicampur dengan pupuk kandang
  2. Jika pH tanah rendah (45) maka lakukan terlebih dahulu pengapuran. Pengapuran dilakukan bersamaan dengan pembuatan bedengan sebarkan kapur, aduk rata, biarkan selama 3 minggu.
  3. Semprotkan larutan pupuk hayati MiG6PLUS merata pada permukaan bedengan. Tahap ini kebutuhan pupuk hayati MiG6PLUS adalah 2 liter per hektar.
  4. Tutup bedengan dengan mulsa plastik.
  5. Gunakan kaleng yang diberi arang untuk melubanginya.
  6. Pindahkan hatihati bibit ke dalam lubang tanam. 

Penanaman

  1. Pilih bibit cabe yang baik yaitu pertumbuhannya tegar, warna daun hijau, tidak cacat/terkena hama penyakit.
  2. Tanam bibit tersebut di polybag penanaman. Wadah media bibit harus dibuka dulu sebelum ditanam. Hatihati supaya tanah yang menggumpal akar tidak lepas. Bila wadah bibit memakai bumbungan pisang langsung ditanam karena daun tersebut akan hancur sendiri. Tanam bibit bibit tepat di bagian tengah, tambahkan media tanahnya hingga mencapai sekitar 2 cm bibir polybag.
  3. Padatkan permukaan media tanah dan siram dengan air lalu letakkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Pemeliharaan Penyiraman

Lakukan penyiraman secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanah.

Pemupukan

Lakukan pemupukan susulan :

  • Pupuk Kimia

Umur 30 hari setelah tanam : 5 gr Kcl per tanaman. Umur 30 dan 60 hari Setelah tanam : masingmasing 1/3 bagian dari sisa campuran Urea dan ZA pada pemupukan dasar.

  • Pupuk hayati MiG-6PLUS

Pengulangan pemberian pupuk hayati MiG6PLUS pada masa pemeliharaan adalah setiap 3 minggu sekali dengan dosis yang di anjurkan adalah 2 liter MiG6PLUS per hektar.

Perompesan

Perompesan adalah pembuangan cabang daun di bawah cabang utama dan bunga-bunga yang pertama kali muncul.

sumber :