Faktor Penghambat Kelangkaan Sumber Daya Alam dan Energi

Faktor Penghambat Kelangkaan Sumber Daya Alam dan Energi

Ada beberapa faktor yang dapat mencegah atau menghambat kelangkaan, di antaranya:

  1. Teknologi dan Penemuan Cadangan Baru

Perkiraan seberapa besar cadangan sumber daya alam dan energi pada suatu masa didasarkan pada kondisi teknologi dan biaya saat itu, sehingga suatu ramalan/perkiraan bahwa jenis sumber daya alam dan energi tertentu akan habis untuk beberapa tahun lagi sering tidak terbukti. Penemuan-penemuan cadangan baru mampu mengatasi kekhawatiran tersebut dan dalam penemuan ini peranan teknologi tidak bisa diabaikan.

Kemajuan tekologi dalam bisang geologi, foto udara survei tanah, survei hutan, survei hidrologi, pengindraan jarak jauh dan lain-lain memungkinkan dapat dijangkaukan lokasi sumber daya alam dan energi. Hampir seluruh bumi telah bisa dipantau (termasuk laut dan angkasa) di mana terdapat sumber daya alam dan energi, bahkan manusia telah mulai mengalihkan perhatiannya ke planet lain. Inovasi teknologi memang sampai saat ni terbukti mampu mengatasi sebagian masalah kelangkaan atau paling tidak menghambat proses percepatan kelangkaan.

Bukti-bukti empiris antara lain menunjukan bahwa perubahan teknologi mampu meningkatkan efiiensi pengangkatan sumber daya alam dan energi. Teknik “long-well” pada penambangan batu bara mampu mempercepat penambangan dan tanpa lebih banyak batubara tertinggal sebagai penyangga atas seperti pada teknik “room and pillar”. Kemajuan teknik pengangkatan air tanah memungkinkan layak dari segi ekonomi mengusahakannya dalam skala besar meskipun sumber daya air tersebut terdapat pada kedalaman lebih kurang 1000 kaki. Disamping itu,sumber daya alam dan energi pada kelas bawah mulai bisa dimanfaatkan dengan adnya teknologi.

Selain membantu proses penemuan cadangan baru, teknologi mampu pula mampu pula membantu proses substitusi dalam produksi antara faktor produksi sumber daya alam dan energi terbarukan dan tak terbarukan.pupuk alam telah diganti dengan pupuk kimia plastik dan mengganti kayu, benang sintetis mengganti wool dan kapas, dan lain-lain. Kemajuan di bidang elektronika ternyata banyak manfaatnya dan mendasari kemajuan di bidang-bidang lain mulai dari kegiatan geologis sampai kegiatan komersial/bisnis teruama oenggunaan piranti-piranti elektronikanya.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/