FAKTOR YANG MEMUNCULKAN ORIENTALISME

FAKTOR YANG MEMUNCULKAN ORIENTALISME

 

FAKTOR YANG MEMUNCULKAN ORIENTALISME
FAKTOR YANG MEMUNCULKAN ORIENTALISME

Dr. Musthafa As-Siba’iy menerangkan hal-hal yang mendorong kaum orientalisten Barat untuk menyelidiki dan mempelajari tentang ketimuran sebagai berikut :

1. Dorongan Keagamaan

Tentang hal keislaman, hal keadaan muslimin, peradaban, kehidupan, dan penghidupannya.Pokok penelitian kaum orientalis adalah bahwa orang-orang mulai mempelajari agama Islam dan peradabannya, mereka bermaksud untuk menyudutkan Agama Islam, memperburuk-burukkan Agama Islam dan memutarbalikkan kebenaran Islam.Maka, kaum orientalis yang terdahulu telah memanfaatkan hasil penelitiannya tentang agama Islam dan yang berhubungan dengan agama Islam, secara positif dan negatif. Dan banyak melontarkan hasil penelitian yang bertentangan dengan ajaran Islam yang sebenarnya dan membawa pengaruh yang jelek.

2. Dorongan penjajahan

Kekalahan orang salib pada perang salib (yang merupakan perang agama), yang menyebabkan orang Barat tidak berputus asa untuk tetap berusaha membalas dendam dan menduduki negeri Arab yang kemudian negara Islam.

3. Dorongan perniagaan

Merupakan dorongan yang nyata bagi negeri-negeri industri yang memerlukan pasaran untuk melemparkan hasil industrinya, mereka harus meneliti kesukaran negeri-negeri yang menjadi sasarannya, demi kemajuan negeri mereka sendri. Maka, kaum orientalis yang terdorong penelitiannya tentang Timur oleh dorongan ekonomi dan perniagaan, harus bekerja keras, agar tidak ketinggalan.

Baca Juga: https://www.dutadakwah.co.id/sayyidul-istigfar/

4. Dorongan politik

Hal ini yang menjadikan menonjol pada masa sekarang sesudah negeri-negeri Islam dan negeri Timur umumnya mencapai kemerdekaannya. Pada masa sekarang, setelah berkembang blok Timur dan blok Barat, maka masing-masing dari mereka berusaha mempengaruhi akan masyarakat, dimana mereka ditempatkan, untuk keuntungan politik dari negaranya.

5. Dorongan ilmiah

Kaum orientalisten beriat meneliti perihal ketimuran dengan bersusah payah, membuang tenaga dan umur yang amat berharga, oleh karena didorong oleh semangat ingin tahu dan cinta kepada perihal ketimuran.
Dr. Mustafa as-Siba’iy menerangkan lebih lanjut, bahwa golongan yang didorong oleh dorongan ilmiah, sangat sedikit yang salah pemahamannya tentang Islam dan peninggalan Islam. Karena mereka tidak sengaja untuk menyelewengkan agama Islam dan memasukkan yang bukan-bukan ke dalam Islam.