FUNGSI AKUNTANSI DASAR

FUNGSI AKUNTANSI DASAR

FUNGSI AKUNTANSI DASAR

Fungsi utama dari suatu akuntansi ialah

sebuah informasi keuangan dalam suatu organisasi. Anda dapat melihat posisi keuangan organisasi ataupun perusahaan anda beserta perubahan yang terjadi di dalamnya dengan laporan akuntansi.

Laporan akuntansi dibuat dengan satuan ukuran uang secara kualitatif. Karena informasi terkait keuangan sangat dibutuhkan terlebih oleh pihak manajer atau pihak manajemen guna membantu dalam membuat suatu keputusan dalam organisasi ataupun perusahaan yang dipimpinnya.

Sedangkan fungsi dari persamaan dasar akuntansi yaitu:

1. Seluruh transaksi bisnis dapat dicatat atau dinyatakan sebagai perubahan yang terjadi pada tiga elemen rumus persamaan dasar akuntansi maupun persamaan akuntansi dasar. Untuk semua turunan pada berbagai macam transaksi bisnis dapat anda masukkan ke dalam persamaan akuntansi itu.

2. Adanya persamaan dasar akuntansi dapat menjadi accounting tolls yang memiliki kekuatan dalam melakukan analisis pada sebuah transaksi bisnis untuk selanjutnya disusun laporan keuangan.

Selain dari fungsi akuntansi dasar yang telah di jelaskan, terdapat pula tujuan dari akuntansi yaitu untuk menyediakan segala bentuk informasi keuangan pada suatu usaha. Informasi keuangan tersebut biasanya meliputi kinerja, posisi keuangan, dan arus kas perusahaan. Untuk informasi keuangan sendiri dirangkum dalam bentuk laporan keuangan.


Sumber: https://www.friv5flash.org/epic-skater-apk/