Fungsi Evaluasi Dalam Hasil Belajar

Fungsi Evaluasi Dalam Hasil Belajar

Fungsi Evaluasi Dalam Hasil Belajar

 

Fungsi Evaluasi Dalam Hasil Belajar
Fungsi Evaluasi Dalam Hasil Belajar

 

Penulis menggolongkan fungsi-fungsi evaluasi tersebut ke dalam:

Fungsi evaluasi belajar untuk kepentingan murid

1.1  Untuk mengetahui kemajuan belajarnya
Kemajuan belajar murid adapat diketahui dengan membandingakan statusnya sebelum dan sesudah melakukan prestasi sebelum mengikuti pelajaran dan prestasi sesudah belajar.

1.2  Untuk dipergunakan sebagai dorongan atau motivasi bealajar
Keberhasilan maupun kegagalan usaha belajar yang tercermin dalam hasil studi akan berpengaruh besar bagi usaha-usaha belajar selanjutnya. Bagi murid-murid yang telah berhasil memperoleh studi yang baik yang berarti mengalami keberhasilan studi, hal itu akan dapat dijadikan pegangan atau ukuran bahwa proses atau cara belajar yang dilaksanakan selama ini sudah cukup baik.

1.3  Untuk memberikan pengalaman belajar atau self evaluation
Mengetahui akan keberhasilan/ kegagalan akan dapat dijadikan pegangan/ ukuran terhadap usaha-usaha belajar selanjutnya.

Fungsi evaluasi belajar untuk kepentingan pendidikan

Untuk menyeleksi murid-murid yang selanjutnya berguna untuk meramal keberhasilan berikutnya
Seleksi berarti menyaring beberapa orang dari banyak orang untuk satu program studi/ lapangan kerja tertentu. Sebagai alat untuk menyeleksi tersebut dipergunakan tes/ ujian/ tugas-tugas dan lain-lain.

Untuk mengetahui sebab-sebab kesulitan belajar murid

Salah satu tugas dari pendidikan/ guru ialah memberikan bimbingan belajar kepada murid-muridnya, agar mereka dapat belajar dengan baik. Agar guru dapat memberikan bimbingannya dengan baik, perlu mengetahui apa kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh murid.

2.1 Untuk memberi pedoman mengajar
Tes diagnostik yang dimaksud untuk mengetahui tentang sebab-sebab kesulitan belajar murid disamping berguna untuk membimbing cara belajar murdi, berguna juga untuk memberikan bimbingan mengajar kepada guru.

2.2 Untuk mengetahui ketepatan metode mengajar
Dengan menilai hasil belajar murid, akan dapat diketahui prestasi murid, yaitu apakah murid-murid dalam kelas itu memperoleh skor rata-rat tinggi atau rendah.

2.3 Untuk penempatan murid dalam kelasnya
Dengan melakukan pengukuran terhadap prestasi murid, akan diketahui perbedaan tingkat prestasi belajar murid. Dengan mengetahui perbedaan tingkat prestasi belajar murid murid-murid ini selanjutnya berguna untuk menggolong-golongkan murid sesuai dengan tingkatannya.

 

Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan organisasi lembaga pendidikan

3.1 Untuk mempertahankan standar pendidikan
Dalam evaluasi hasil belajar, standar merupakan persyaratan minimum untuk menentukan lulus tidaknya atau menguasai tidaknya seseorang dalam tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.

3.2 Untuk menilai ketepatan kurikulum yang disediakan
Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan, diperlukan bermacam-macam sarana. Kurikulum merupakan sebagian saran itu.

33. Untuk menilai kemajuan sekolah yang bersangkutan
Salah satu faktor yang terpenting untuk menilai kemajuan suatu sekolah ialah dengan mengetahui tentang presatsi belajar murid-muridnya disamping tat kerja sistem administrasi, kualifikasi tenaga pengajar, perlengakapan pendidikan/ laboratorium dan sebagainya.

 

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/