Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat
Fungsi Pasar Bagi Kehidupan Masyarakat

Fungsi Distribusi Produk

Fungsi distribusi produk merupakan suatu aktivitas untuk menyalurkan barang atau jasa kepada para konsumen. Fungsi pasar merupakan sebagai tempat distribusi produk, hal ini dikarenakan banyak dijumpai konsumen, sedangkan penjual sebagai distributornya, artinya barang yang telah terjual tidak bisa untuk diproduksi sendiri. Misalnya penjual yang membeli telur ayam dari seorang peternak ayam, kemudian telur ayam tersebut dibawa ke pasar untuk dijual dan dibeli oleh konsumen. Penjual tersebut berperan aktif sebagai distributor, sedangkan peternak ayam berperan sebagai produsen, serta pembeli merupakan sebagai konsumen. Namun ada juga penjual yang berperan sebagai seorang produsen sekaligus sebagai seorang distributor.

Fungsi Penetapan Harga atau Nilai

Karena saat kita berada di pasar pasti kita berinteraksi kepada penjual, maka disaat seperti itu biasanya terdapat permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli tersebut. Sehingga terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli yang dapat tercapai dari melakukan interaksi tersebut. Fungsi pasar merupakan sebagai suatu tempat untuk menetapkan harga barang atau jasa yang di jualbelikan karena terjadinya proses interaksi dan karena adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Fungsi Promosi

Fungsi pasar adalah sebagai suatu tempat untuk ajang berkumpulnya para pembeli yang merupakan tempat untuk berpromosi yang sangat sempurna bagi produsen yanng berguna untuk memperkenalkan produk-produk yang dijual oleh pedagang. Secara umum proses terjadinya promosi dari produsen tersebut, mereka akan mencoba menawarkan dengan penawaran yang menarik, seperti halnya dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga produk dari produsen yang lainnya. Karena itu, maka fungsi pasar salah satunya untuk ajang promosi suatu jenis produk atau barang.

Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja

Selain adanya para pedagang dan para pembeli, pada pasar juga banyak terdapat pihak-pihak lain yang ikut terlibat dalam kegiatan ekonomi pasar. Seperti tukang ojek, tukang ojek, tukang sampah, tukang parkir, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pasar juga sebagai salah satu tempat penyerapan tenaga kerja.

Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang

Pasar berperan sebagai fasilitator guna untuk mengelola tabungan dan investasi. Investasi yang kita miliki tersebut berguna untuk menyediakan jasa serta barang dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan investasi yang kita miliki akan berinteraksi di pasar. Pasar yang memiliki fungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan adalah pasar modal. Investor akan memilih dan mencari pihak-pihak yang memiliki tabungan yang berguna untuk keperluan investasinya, serta penabung untuk memilih dan mencari pihak yang sedang memerlukan modal. Dari kedua pihak itu akan dapat bertemu di pasar modal.

Sumber: https://www.studinews.co.id/