Hak dan Kewajiban Konsumen dan Pelaku Usaha

  1. Hak dan Kewajiban Konsumen dan Pelaku Usaha

  1.              Hak konsumen sebagaimana dikemukakan pada pasal 4 Undang-Undang Perlidungan Konsumen antara lain:

    1. a)Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
    2. b)Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
    3. c) Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
    4. d)Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
    5. e) Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
    6. f)Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen.
    7. g) Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
    8. h)Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau  jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.
    9. i)Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya. [8]

           Kewajiban konsumen antara lain:

    1. a)membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan.
    2. b)beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa.
    3. c)membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
    4. d)mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen.[9]
    1. Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha

       Hak Pelaku bisnis sebagaimana dikemukakan pada pasal 6 Undang-Undang Perlindungan Konsumen antara lain:

    1. a)hak untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang atau jasa yang diperdagangkan.
    2. b)Hak untuk mendapatkan perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik.
    3. c)Hak untuk melakukan pembelaan diri sepatutnya di dalam penyelesaian hukun sengketa konsumen.
    4. d)Hak untuk rehabilitas nama baik apabila terbukti secara hukum bahwa kerugian konsumen tidak diakibatkan oleh barang atau jasa yang diperdagangkan.
    5. e)Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.

                         Kewajiban Pelaku Bianis antara lain sebagai berikut :

    1. bertikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya.
    2. Melakukan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaika, dan pemeliharaan.
    3. Memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif ; pelaku usaha dilarang membeda-bedakan konsumen dalam memberikan pelayanan; pelaku usaha dilarang membeda-bedakan mutu pelayanan kepada konsumen.
    4. Menjamin mutu barang atau jasa yang diproduksi atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang atau jasa yang berlaku.
    5. Memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji atau mencoba barang atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan garansi .
    6. Memberi kompensasi , ganti rugi atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian, dan manfaat barang atau jasa yang diperdagangkan.
    7. Memberi kompensasi ganti rugi atau penggantian apabila berang atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.[10]
    1. Hak dan Kewajiban Konsumen

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/