HUAWEI AKAN MEMBANGUN PABRIK PRANCIS TERLEPAS DARI KEPUTUSAN 5G, KATA EKSEKUTIF

HUAWEI AKAN MEMBANGUN PABRIK PRANCIS TERLEPAS DARI KEPUTUSAN 5G, KATA EKSEKUTIF

 

HUAWEI AKAN MEMBANGUN PABRIK PRANCIS TERLEPAS DARI KEPUTUSAN 5G, KATA EKSEKUTIF
HUAWEI AKAN MEMBANGUN PABRIK PRANCIS TERLEPAS DARI KEPUTUSAN 5G, KATA EKSEKUTIF

PARIS (Reuters) – Huawei [HWT.UL] akan membangun pabrik di Prancis terlepas dari keputusan pemerintah

tentang apakah akan menggunakan peralatannya dalam jaringan 5G baru, kata seorang eksekutif di raksasa telekomunikasi China itu.

Pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia mengatakan pekan lalu bahwa mereka berencana untuk membangun pabrik di Perancis untuk meredakan kekhawatiran di seluruh dunia yang dipicu oleh tuduhan AS bahwa Beijing dapat menggunakan peralatan Huawei untuk memata-matai.

Kelompok yang berbasis di Shenzhen, yang menyangkal peralatannya memiliki risiko keamanan, berada di tengah badai yang mengadu domba Amerika Serikat dengan China karena teknologi mobile generasi berikutnya 5G.

Eropa telah menjadi medan pertempuran utama dalam hal ini dan badan cybersecurity Prancis menyaring peralatan 5G, termasuk dari Huawei, untuk ditempatkan di jaringan barunya.

“Pabrik itu akan dibangun di Prancis, apa pun keputusan pemerintah Prancis, karena itu adalah bagian dari strategi kami,” kata wakil kepala eksekutif Huawei Prancis Minggang Zhang kepada Reuters.

Huawei mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya akan menghabiskan 200 juta euro ($ 223 juta) pada tahap pertama

pendirian pabrik stasiun pangkalan bergerak, yang lokasi pastinya belum diumumkan.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan pada hari Rabu bahwa pembangunan pabrik Huawei tidak akan mempengaruhi sikap pemerintah terhadap tiga pembuat peralatan 5G utama.

Di atas kertas, Huawei dan dua rival Eropa-nya, Nokia dan Ericsson , diizinkan untuk melakukan bisnis di Perancis. Tetapi sumber-sumber yang dekat dengan industri telekomunikasi Prancis mengatakan mereka khawatir Huawei akan dilarang walaupun tidak ada larangan resmi.

Ditanya apakah proyek Huawei untuk membangun pabrik dan menciptakan 500 lapangan kerja bisa berarti memeras untuk membeli niat baik dari pemerintah Prancis pada tender 5G mendatang, Le Maire mengatakan: “Tidak seorang pun, dan tentu saja bukan saya, akan menyerah pada pemerasan apa pun. ”

“Posisi yang diambil pada 5G sangat jelas. Kami tidak akan mendiskriminasi perusahaan mana pun, baik Cina

maupun Amerika. Kami hanya menjaga keamanan dan kepentingan strategis kami,” tambahnya.

(Pelaporan oleh Mathieu Rosemain, Matthieu Protard; Pelaporan tambahan oleh Bertrand Boucey; Editing oleh Jan Harvey dan Alexander Smith)

Kisah ini belum diedit oleh staf Firstpost dan dibuat oleh umpan-otomatis.

Baca Juga: