Jenis Koperasi

Jenis Koperasi

Jenis Koperasi

Jenis Koperasi
Jenis Koperasi

Adapun jenis-jenis usaha koperasi berdasarkan pelayanannya dibagi dalam beberapa kelompok sebagai berikut.

1. Koperasi Serba Usaha
Koperasi serba usaha adalah koperasi yang menangani beragam usaha, mulai produksi, konsumsi, hingga distribusi. Namanya juga serba usaha, koperasi ini memang memiliki multifungsi.

2. Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang khusus menangani masalah simpan pinjam. Baik pinjaman modal untuk keperluan usaha maupun pinjaman untuk keperluan membeli barang konsumsi, seperti mobil atau rumah. Koperasi simpan pinjam biasanya membebani bunga pinjaman yang lunak, tidak seperti lembaga keungan lainnya.

Koperasi adalah salah satu jenis usaha yang mengedepankan kepentingan kelompok atau anggotanya. Hal itu terlihat jelas dengan pengenaan simpanan wajib, simpanan pokok, serta simpanan sukarela yang hanya ada di usaha koperasi.

Simpanan pokok adalah simpanan yang wajib disetor pada saat mendaftar sebagai anggota. Simpanan ini hanya sekali dibayarkan, yaitu pada saat menjadi anggota.

Simpanan wajib adalah simpanan yang dibayar per bulan dengan jumlah tertentu. Sementara itu, simpanan sukarela adalah simpanan yang dibayar sukarela dan tidak dipatok berapa jumlahnya.

Ketiga jenis simpanan itulah yang nanti akan diolah untuk menggerakkan usaha koperasi. Bisa disimpulkan bahwa koperasi adalah dari, oleh, dan untuk anggotanya.

Koperasi sempat ditinggalkan oleh masyarakat karena dinilai kuno dan kurang menarik. Namun, saat ini, seiring dengan lembaga BUMN dan BUMS yang semakin bersifat “privat”, usaha koperasi mulai dilirik. Koperasi dinilai lebih mengayomi rakyat dan lebih membumi dibanding usaha lain.

Bila Anda dan kawan-kawan Anda memiliki uang lebih dan ingin menghasilkan sesuatu yang berguna dan bermanfaat, tidak ada salahnya mencoba membentuk usaha koperasi.

Sumber : https://busbagus.co.id/