KEHIDUPAN AWAL MANUSIA

KEHIDUPAN AWAL MANUSIA

KEHIDUPAN AWAL MANUSIA

Kehidupan manusia dimulai ratusan ribu tahun yang lalu. Belum mengenalnya tulisn, manusia masa aksara meniggalkan benda peninggalan sejarah berupabangunan, fosil, dan peralatan. Benda-benda peninggalan masa praaksara menunjukkan kondisi kehidupan masyarakat zaman purba. Misalnya, tigkat teknologi dan kondisi sosial budaya masyarakat masa tersebut.

1. Masa Berburu dan Mengumpul makanan

KEHIDUPAN AWAL MANUSIA

a. Sistem sosial
Kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masa berburu danmengumpulkan makananan, ditandai adanya kehidupan kelompok masyarakat kecil. Mrek hidup dengan cara berpindah-pindah (nomaden) karena kehidupan masih bergantung pada alam. Sebagian besar aktifitas hidup manusia purba ditunjukkan pada pemenuhan kebutuan makanan dengan cara berburu dan mencari umbi-umbian menggunakan alat perkakas yang masih sangat sederhana. Dalam encarian sumber makanannya,manusia purba bergerah tidakjauh dari sumber-sumber air. Seperti air sungai, sumber mata air dan danau.
Manusia purba pada masa ini sudah mengenal sistem pembangian tugas laki-laki dan perempuan meski belum nampak jelas. Tugas laki-laki mencari binatang buruan, sedangkan tugas perempuan memelihara anak, mengumpulkan makanan, dan memasak. Pada masaini, mereka sudah mengenal api.
Kehidupan berburu dan engumpul makanan berlangsung pada masa batu tua (Palaeolithikum) pada zaman Kala Plestosen. Pendukung kebudayaan aman Batu Tua diantaranya adalah Meganthropus Palaeojavanicus, Pithecanthropus, dan jenis manusia Homo.
sumber :