Kehidupan Masyarakat Wangsa Isyana

Kehidupan Masyarakat Wangsa Isyana

Kehidupan Masyarakat Wangsa Isyana

Kehidupan Masyarakat Wangsa Isyana
Kehidupan Masyarakat Wangsa Isyana

Kehidupan Masyarakat

Kehidupan Ekonomi

Mpu Sindok memerintah dengan bijaksana. Hal ini bisa dilihat dari perjuangan usaha yang ia lakukan, menyerupai Mpu Sindok banyak membangun bendungan dan memperlihatkan hadiah-hadiah tanah untuk pemeliharaan bangunan suci untukmeningkatkan kehidupan rakyatnya. Begitu pula pada masa pemerintahan Airlangga, ia berusaha memperbaiki Pelabuhan Hujung Galuh di muara Sungai Berantas dengan memberi tanggul-tanggul untuk mencegah banjir. Sementaraitu dibidang sastra, pada masa pemerintahannya telah tercipta satu hasil karyasastra yang terkenal, yaitu karya Mpu Kanwa yang berhasil menyusun kitab Arjuna Wiwaha.
Pada masa Kerajaan Kediri banyak informasi dari sumberkronik Cina yang menyatakan ihwal Kediri yang menyebutkan Kediri banyak menghasilkan beras, perdagangan yang ramai di Kediri dengan barang yang diperdagangkan menyerupai emas, perak, gading, kayu cendana, dan pinang. Dari keterangan tersebut, kita sanggup menilai bahwa masyarakat pada umumnya hidup dari pertanian dan perdagangan.

Kehidupan Sosial-Buday

Pada masa pemerintahan Airlangga tercipta karya sastra Arjunawiwaha yang dikarang oleh Mpu Kanwa. Begitu pula seni wayang berkembang dengan baik, ceritanya diambil dari karya sastra Ramayana dan Mahabharata yang ditulis ulang dan dipadukan dengan budaya Jawa. Raja Airlangga merupakan raja yang peduli pada keadaan masyarakatnya. Hal itu terbukti dengan dibuatnya tanggul-tanggul dan waduk di beberapa belahan di Sungai Berantas untuk mengatasi dilema banjir. Pada masa Airlangga banyak dihasilkan karya-karya sastra, hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kebijakan raja yang melindungi para seniman, sastrawan dan para pujangga,sehingga mereka dengan bebas sanggup menyebarkan kreativitas yang merekamiliki. Pada kronik-kronik Cina tercatat beberapa hal penting ihwal Kediri yaitu:
1. Rakyat Kediri pada umumnya telah mempunyai tempat tinggal yang baik, layak huni dan tertata dengan rapi, serta rakyat telah bisa untuk berpakaian dengan baik.
2. Hukuman di Kediri terdapat dua macam yaitu denda dan eksekusi matibagi perampok.
3. Kalau sakit rakyat tidak mencari obat, tetapi cukup dengan memujapara dewa.

Agama Dan Kebudayaan

Agama yang berkembang pada masa pemerintahan airlangga yakni agama hindu waisnawa. Hal ini Nampak pada candi belahan dimana airlangga diwujudkan sebagai sebuah arca sebagai wisnu menaiki garuda.Untuk mengenang jerih payah airlangga mempersatukan kerajaan yang porak-poranda disusunlah kitab arjuna wiwaha oleh mpu kanwa 1030. Inilah hasil sastrazaman airlangga yang hingga pada kita. Sementara airlangga sendiri sebelum mengundurkan diri jadi pertapa, ia telah membangunkan sebuah pertapaan bagianaknya sangramawijaya di pucangan (gunung penanggungan).

Sumber: https://www.pendidik.co.id/pengertian-kartu-kredit-jenis-ciri-keuntungan-kerugiannya-lengkap/