Kewajiban kepada ibu

Table of Contents

Kewajiban kepada ibu

Seseorang harus memuliakan ibunya karena memang jasa seorang ibukepada anaknya tidak bisa dihitung-hitung dan tidak bisa ditimbang dengan ukuran sampaipun dalam peribahasa kita terkenal; kasih ibu sepanjang jalan,kasih anak sepanjang ingatan. Ibu mengasihi anaknya tidak ada ujung penghabisannya bagaimanapun keadaan anaknya(kalau ada yang tidak demikian adalah merupakan pengecualian), tetapi kasih anak kepada orang tuanya bagaimanapun tidak seperti kasih orang tua terutama ibu kepada anaknya.

            Betapa jasa orang tua kepada anaknya itu, menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab ‘’ Al Jami’ush-shahih’’ yang terkenal dengan nama kitab Shahih Muslim dalam kitabullah’itq, dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda:

Artinya:

’tidak akan (dapat) membalas seorang anak kepada orang tuanya, kecuali si anak itu mendapatkan orang tuanya sebagai hamba sahaya, kemudian si anak membelinya dan memerdekakannya.[6]

            Ibu dan ayah adalah kedua orang tua yang sangat besar jasanya kepada anaknya, dan mereka mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap anaknya tersebut. Jasa mereka tidak dapat dihitung dan dibandingkan dengan harta, kecuali mengembalikan kecuali menjadi orang merdeka sebagai manusia mempunyai hak kemanusiaan yang penuh setelah menjadi budak karena sesuatu keadaan yang tidak diinginkan

            Kalau ibu merawat jasmani dan rohaninya sejak kecil secara langsung , maka bapakpun merawatnya, mencari nafkahnya, membesarkannya, mendidiknya dan menyekolahkannya, disamping usaha ibu. Menurut hadis yang diiwayatkan oleh Al-Bukhari muslim dari Abu Hurairah: seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘’Ya Rasulullah, siapakah yang harus saya berbuat baik? ‘’Rasulullah menjawab:’’kepada ibumu!’’ sahabat bertanya lagi: ‘’kemudian siapa lagi? Rasul menjawab lagi: kepada ibumu ! sahabat bertanya lagi: ‘’kemudian siapa lagi? Rasul menjawab lagi: kepada ibumu !  sahabat bertanya lagi (yang keempat kalinya): ‘’kemudian siapa lagi? ‘’Rasul menjawab:” kemudian kepada ayahmu”.

sumber :

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/06/07/download-kinemaster-pro-apk/