Konsepsi Manusia dalam Psikologi Kognitif

Konsepsi Manusia dalam Psikologi Kognitif

Ketika asumsi-asumsi Behaviorisme diserang habis-habisan pada akhir tahun 60-an dan awal tahun 70-an, psikologi sosial bergerak ke arah paradigma baru. Manusia tidak lagi dipandang sebagai makhluk yang bereaksi secara pasif pada lingkungan, tetapi sebagai makhluk yang selalu berusaha memahami lingkungannya, makhluk yang selalu berfikir (Homo Sapiens). Pikiran yang dimaksudkan behaviorisme sekarang didudukan lagi di atas tahta. Frege ( 1977:38 )

“ Pengaruh seseorang pada yang lain kebanyakan ditimbulkan oleh pikiran. Kita mengkomunikasikan pikiran. Bagaimana hal ini terjadi? Kita timbulkan perubahan di dunia luar yang sama. Perubahan-perubahan ini,setelah dipersepsi orang lain, akan mendorong kita untuk memahami suatu pikiran dan menerimanya sebagai hal yang benar. Mungkinkah terjadi peristiwa besar dalam sejarah tanpa komunikasi pikiran? Anehnya kita cenderung menganggap pikiran itu tidak nyata karena tampak tidak mempengaruhi peristiwa,sementara berpikir, memutuskan, menyatakan,memahami dan sebagainya adalah fakta kehidupan manusia. Mana yang lebih nyata, sebuah palu atau pikiran? Alangkah bedanya proses penyerahan palu dengan komunikasi pikiran,”

Frege menulis hal diatas dalam sebuah buku filsafat berpikir ( Philosophical Logic ), mengisyaratkan kelebihan rasionalisme pada empirisme. Psikologi kognitif memang dapat diasali pada resionalisme Immanuel Kant ( 1724-1804 ), Rene Descartes ( 1596-1650 ), bahkan sampai ke Plato.

Kaum rasionalisme mempertanyakan apakah betul bahwa pengideraan kita, melalui pengalaman langsung, sanggup memberikan kebenaran. Kemampuan alat indra kita dipertanyakan karena sering kali gagal menyajikan informasi yang akurat. Bukankah mata anda mengatakan bahwa kedua rel kereta api yang sejajar itu bertemu di ujung sana : bukankah telinga anda baru mendengar detak jam dinding pada saat memperhatikannya, padahal jam itu tetap berdetak ketika anda membisikan kata cinta pada teliga kekasih anda.

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/