Kurikulum Inti

Kurikulum Inti

Dalam studi kurikulum akan kita temukan berbagai pengertian tentang apa yang dimaksud dengan istilaha kurikulum inti (core curriculum atau core program) ini. Spears mengatakan bahwa

the provision of a common body of growth experiences, usually spoken of as the core curriculum”

“Penyediaan tubuh umum dari pengalaman pertumbuhan, biasanya disebut sebagai kurikulum inti”

Sedangkan Leonard mengatakan bahwa;

“….that part of the curriculum, which takes as its major job, is the development of personal social responsibility and competency needed by all youth to serve the needs of democratic society”

“……..bagian dari kurikulum, yang mengambil sebagai pekerjaan utama, adalah pengembangan tanggung jawab sosial pribadi dan kompetensi yang dibutuhkan oleh semua pemuda untuk melayani kebutuhan masyarakat demokratis “

Di lain pihak, Alberty mengatakan bahwa:

“ the core may be regard as that aspect of the total curriculum which is basic for all student, and which conist of learning activities that are oeganised without reference to conventional subjcts or lines”

“Inti mungkin menganggap sebagai aspek dari total kurikulum yang dasar untuk semua siswa, dan yang conist kegiatan pembelajaran yang oeganised tanpa mengacu subjcts konvensional atau garis”

Jadi, memang cukup banyak perumusan tentang apa yang dimaksud dengan kurikulum inti ini. Banyak dari berbagai pengertian tersebut  yang dapat membingungkan kita. Atas dasar itu, Romine mencoba menyusun perumusan yang lebih komprehensif. Ia menyatakan bahwa:

“ the core curriculum, core program, or core course may be defined as the part of the total curriculum objectivies, which is scheduled for proportionally longer blocks of time”

“Kurikulum inti, program inti, atau inti saja dapat didefinisikan sebagai bagian dari total tujuan kurikulum, yang dijadwalkan untuk blok proporsional lebih lama”

Perumusan Romine ini terlihat lebih lengkap dan tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut. Meskipun demikian, jika kita rinci perumusan tersebut mengandung sejumlah hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu:

  1. Kurikulum inti merupakan bagian dari keseluruhan kurikuum yang diperuntukkan bagi semua siswa.
  2. Kurikulum inti bermaksud mencapai tujuan pendidikan umum.
  3. Kurikulum inti disusun dari garis-garis pelajaran namun tidak secara ketat ( bersifat luwes).
  4. Kurikulum inti disusun untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pada umumnya, kurikulum inti memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Ciri-ciri pokok (essential characteristic)
  2. Core pelajaran meliputi pengalaman-pengalaman yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan semua siswa.
  3. Core program berkenaan dengan pendidikan umum (general education) untuk memperoleh bermacam-macam hasil (tujuan pendidikan).
  4. Berbagai kegiatan dan pengalaman core disusun dan diajarkan dalam bentuk kesatuan, tidak dibatasi oleh garis-garis pelajaran yang terpisah.
  5. Core program diselenggarakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  6. Ciri-ciri umum
  7. Perencanaan oleh guru-guru secara kooperatif.
  8. Pengalaman-pengalaman belajar disusun dalam unit-unit yang luas dan komprehensif berdasarkan tantangan, minat, kebutuhan, dan masalah dari kalangan siswa dan masyarakat sekitar.
  9. Core pelajaran menggunakan proses demokratis.
  10. Banyak dari core program yang dikaitkan dengan bimbingan dan pengajaran. Dalam hal ini, guru mempunyai tanggung jawab bimbingan terhadap the core class.
  11. Core program secara lebih luas menggunakan sumber pengajaran yang luas dan prosedur pengajaran yang lebih fleksibel dan variatif.
  12. Penggunaan tekhnik problem solving dalam core program.
  13. Guru dan murid saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik, sehingga memudahkan pemberian pelayanan terhadap perbedaan individual.
  14. Penilaian dilakukan dengan bemacam bentuk serta dikejarkan secara kontinu dan menyeluruh.
  15. Pengalaman-pengalaman belajar bersifat fungsional serta melibatkan banyak kegiatan dan tanggung jawab terhadap para siswa.
  16. Core progrm didomminasi oleh usaha yang bertujuan untuk mempebaiki pengajaran.

sumber

https://sanghachiro.com/cinderella-apk/