Langkah-langkah Relaksasi (Otot)

Langkah-langkah Relaksasi (Otot)

Langkah-langkah Relaksasi
Langkah-langkah Relaksasi

Cormier & Cormier 1985, mengemukakan tujuh langkah relaksasi, sebagai berikut ini:

  1. Rasional

Dalam tahap ini konselor mengemukakan tujuan dan prosedur singkat pelaksanaan relaksasi, serta konfirmasi tentang kesediaan/kesungguhan konseli menggunakan strategi ini.

  1. Intsruksi tentang pakaian

Sebelum sesi latihan sebenarnya, konseli hendaknya diberi petunjuk baju yang layak untuk relaksasi. Konseli hendaknya menggunakan baju yang enak seperti slack, blus atau baju yang longgar, atau pakaian apa saja yang tidak mengganggu selama relaksasi. Konseli yang memakai kontak lens hendaknya melepaskannya dan menggunakan kacamata biasa, sebab jika konseli memakai kontak lens akan merasa tidak enak jika memejamkan mata.

  1. Menciptakan lingkungan yang nyaman

Lingkungan yang enak diperlukan agar latihan relaksasi menjadi efektif. Lingkungan latihan hendaknya tenang dan bebas dari suara yang mengganggu seperti berderingnya telepon, suara TV, radio maupun lalulalangnya anak-anak.

  1. Konselor memberii contoh latihan relaksasi itu

Sebelum latihan relaksasi dimulai konselor hendaknya memberi contoh secara singkat beberapa latihan otot yang akan dipakai dalam relaksasi.

  1. Instruksi-instruksi untuk relaksasi otot

Dalam memberikan instruksi latihan relaksasi, suara konselor hendaknya berbentuk percakapan, bukan dramatisasi. Goldfreid dan Davidson (1976) menyarankan agar konselor melaksanakan bersama-sama konseli selama permulaan latihan, agar konseli tidak merasa janggal kok seperti latihan olahraga saja.

  1. Penilaian setelah latihan

Konseli menanyakan konseli tentang sesi pertama latihan relaksasi, mendiskusikan masalah-masalah jika selama latihan konseli mengalaminya.

  1. Pekerjaan rumah dan tindak lanjut

Konselor menugaskan pekerjaan rumah dan meminta konseli untuk mengisi buku penilaian terhadap latihan relaksasi di rumah itu. Di samping itu konselor juga mengatur sesi tindak lanjut.

Baca Juga :