Madrasah Ulugh Beg Yang dibangun pada 1417-1420

Bentuk-Bentuk Peradaban Dinasti Timuriyah

1. Arsitektur

Timur Lenk pernah merupakan salah seorang penakluk dan raja yang paling di takuti. Sepanjang langkahnya membangun kekaisarannya yang melintasi Asia dan Eropa di akhir abad ke 14, menurut catatan para sejarawan, Timur Lenk telah membunuh 5% penduduk di bumi. Namun ia juga mewariskan sejumlah peninggalan berbentuk keindahan pula.
Dan kini penguasa kontroversial ini ditetapkan sebagai pahlawan agung Uzbekistan, saat peringatan 25 tahun kemerdekaan negeri itu, dengan di tandai pemugaran berbagai bangunan yang didirikan oleh Timur Lenk.
Samarkand, merupakan kota gurun yang dulu merupakan ibukota kekaisaran global Timur lenk, sangatkah eksotis dan megah, penuh dengan istana dan masjid, madrasah mausoleum, menara masjid yang menjulang dan kubah raksasa. Berikut adalah beberapa bentuk bentuk peradaban pada masa Dinasti Timuriyah.
a) Masjid Bibi Khanum
Dibangun dalam ukuran yang menabjukan. Masjid yang dibangun setelah melancarkan serangan ke India pada akhir abad ke 14, aslinya memiliki 450 pilar marmer dan dibangun dengan menggerakan hampir 100 ekor gajah dalam pembuatan masjid Bibi Khanum. Dinding luar masjid memiliki panjang 167 meter dan lebar 109 meter. Sementara, tinggi kubah utamanya mencapai 40 meter, dan pintu masuk nyasetinggi 35 meter. Serta ada marmer besar dengan kaligrafi Islam yang berdiri anggun di tengah tengah halaman. Sayangnya, gempa yang besar yang terjadi pada 1897 merusak sebagian besar bangunan ini.
b) Madrasah Ulugh Beg
Yang dibangun pada 1417-1420 dengan gaya arsitektur Islam yang khas. Kompleks Madrasah Ulugh Beg berada di kawasan situs kota tua Registan, Samarkand. Sekolah ini diapit oleh sejumlah menara tinggi. Di halamannya yang berbentuk persegi berdiri sebuah masjid dan ruangan kuliah yang dibatasi oleh asrama tempat para siswa tinggal selama menjalani pendidikan.

Madrasah Ulugh Beg menjadi salah satu peguruan tinggi terbaik pada abad ke-15. Kampus ini berhasil mencetak sejumlah sarjana terkenal di zamannya. Di antaranya adalah filsuf dan penyair besar Persia, Abdul Rahman Jami.
c) Registan ( jatung kekaisaran )
Meskipun kekaisaran yang dibangun Timur Lenk membentang dari lokasi yang sekarang adalah India hingga Turkie, dan dari Russia sampai Arab Saudi, jantung kekuasaaannya adalah Registan (bahasa persia yang berarti “tempat berpasir”) di Samarkand.alun-alun ini dulunya merupakan tempat penyelenggaraan acara acara kerajaan rumah bagi proklamasi kerajaan, juga sebagai temoat eksekusi di depan umum. Sekarang tempat ini digunakan untuk acara-acara penting, termasuk festival-festival musik.
d) Di kenal sebagai kota Kubah
Samarkand merupakan kota kubah, dan sejumlah kubah akan lebih indah bila dilihat dari dalam. Tersebar keseluruh kota kota, kubah-kubah ini adalah kesaksian yang menjulang tentang warisan arsitektur Timur Lenk, yang membuat kota ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia


Sumber: https://swatproject.org/