Maksimalkan Pemutakhiran Data EMIS

Maksimalkan Pemutakhiran Data EMIS

Maksimalkan Pemutakhiran Data EMIS

Maksimalkan Pemutakhiran Data EMIS
Maksimalkan Pemutakhiran Data EMIS

Education Management Information System (EMIS) saat ini terus berbenah melakukan perbaikan

pelayanan data dan sistem informasi pendidikan Islam.

Hal tersebut dilakukan dengan cara mengupgrade metode aplikasi agar lebih mudah dan memberikan pendampingan tiada henti kepada operator. Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan data EMIS dalam proses perencanaan program dan anggaran.

Upaya yang dilakukan Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS)

yakni melakukan pemutakhiran data EMIS PAKIS semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini merupakan tugas pokok dari Kasi Sistem Informasi Bidang PAKIS.

Plt. Kakanwil Kemenag Jambi, H. M. Hafiz berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, kemudian menerapkan di tempat kerja masing-masing.

“Tujuan diiadakannya kegiatan ini agar data update untuk perhitungan anggaran bagi sertifikasi guru,

anggaran BOS, program beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), sarana dan prasarana Ponpes serta keikutsertaan ujian di Ponpes Salafiah,” jelasnya.

Data EMIS dikatakan Hafiz sebagai dasar penentuan kebijakan biaya operasional pendidikan, meski harus menyesuaikan dengan kuota.

“Namun sebaran dilakukan dengan proporsi kebutuhan masing-masing. Semoga EMIS terus maju demi kebaikan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Sistem Informasi, Arfani mengatakan, adapun data yang dilakukan pemutakhiran diantaranya data guru Pendidikan Agama Islam, Pengawas, Ponpes, Madrasah Diniyah Takmiliyah.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 75 orang. Terdiri dari operator EMIS PAIS, operator KKG atau MGP, operator EMIS Ponpes, operator Wajar Dikdas dan operator lembaga dari masing-masing Kemenag kab/kota se-Provinsi Jambi,” ungkap Arfani.

 

Baca Juga :