Manfaat Bermain Fidget Spinner

Manfaat Bermain Fidget SpinnerManfaat Bermain Fidget Spinner

Alat ini menjadi mainan populer di tahun 2017, Fidget Spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Dengan mainan unik ini, Catherine A Hettinger berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.

Manfaat Bermain Fidget Spinner

Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, Fidget Spinner dipercaya mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Berikut adalah beberapa Manfaat Fidget Spinner yang antara lain adalah :

Melatih Otak Kanan dan Kiri

Bermain fidget spinner ternyata mampu melatih otak kanan dan kiri, gerakan Fidgetting yang dilakukan secara terarah dan teratur ternyata dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Meningkatkan konsentrasi
Fidgeting dapat meningkatkan memori dan kreatifitas. Sebagai contoh adalah seseorang lebih mudah menerima sebuah informasi jika ia mencatat informasi yang diterima di kertas dengan pensil/pena daripada di laptop.

Melancarkan aliran darah
Seorang profesor yang bernama Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan Latihan Departemen Fisiologi menyatakan bahwa gerakan fidget sebanyak 250 ketukan per menit dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Meningkatkan fokus dan mengurangi stres
Penelitian yang dilakukan oleh University of Hertfordshire menyebutkan bahwa fidgeting dapat meningkatkan tes memori, menurunkan tingkat kortisol dan menurunkan hormon stres.

Mengurangi resiko untuk pekerja yang sering duduk
Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa seorang perempuan yang melakukan fidgetting memiliki resiko kematian dini lebih rendah dibandingkan yang hanya duduk saja selama berjam-jam.

 

Sumber: https://menitpertama.id/musical-ly-targetkan-jutaan-pengguna-remaja-indonesia/