MANFAAT PRAMUKA

MANFAAT PRAMUKA

Hampir semua yang ia pelajari di Pramuka dapat dipraktekkan dalam aktivitas sehari-hari, misalnya seperti membuat suatu karya dari barang bekas (kardus bekas susu, kaleng susu atau bungkus sabun), memasak, menyiapkan serta merapihkan barang pribadi.

Ia juga belajar untuk bisa bertahan hidup ketika hidup di alam terbuka dengan membuat tenda, membuat api dari kayu, makan dengan bahan seadanya, tidak mengandalkan listrik, jauh dari keramaian dan sulit mencari kebutuhan apapun. Saat suasana seperti inilah ia dididik untuk bisa bertahan hidup.

Banyak sekali manfaat yang didapat olehnya dengan mengikuti kegiatan Pramuka. Apa saja keuntungan mengikuti kegiatan Pramuka sejak usia dini?

Melatih Keuletan

Dengan hukuman menjadi seseorang ulet dalam melakukan sesuatu sehingga apa yang dicita-citakan / diinginkan tidak tercapai begitu saja melainkan dengan perjuangan yang perlu kesabaran. Misalnya dalam membuat tenda dan tempat tidur. Dimana tenda merupakan tempat untuk berteduh. Tenda itu di buat sendiri oleh pramuka-pramuka Dengan kerja keras dan kesabaran secara bersama-sama mendirikan tenda agar berhasil  dengan baik. Apabila mendirikannya asal-asalan, hasilnya tidak akan baik.

  1. B.           Kreatif

Kreatif ini dapat dilihat saat membuat kemah agar menjadi tempat istirahat yang nyaman tepatnya saat membuat tempat tidur, bantalnya juga penerangannya sesuai dengan pepatah bahwa “TIADA ROTAN, AKARPUN JADI”.Seorang pramuka bisa menggunkan barang yang tidak bermanfaat sekalipun menjadi tempat yang nyaman. Tidak perlu membawa kasur atau matras saat berkemah, tetapi rumputpun bisa menjadi tempat tidur yang nyaman. Juga tidak perlu membawa bantal untuk bisa tidur pulas, tetapi cukup dengan tempat pakaian seorang pramuka dapat tidur dengan enak. Dari sini tampak bahwa dengan berkemah pikiran seseorang dapat berkembang dengan baik.

  1. Ketrampilan

Berbagai kegiatan yang dilakukan seorang pramuka dapat membuat tampilnya seseosrang pramuka. Misalnya hampir dalam memasak kegiatan ini secara tidak langsung membuat seorang pramuka harus dapat menampilkan menu yang disajikan untuk makan bersama regunya. Tentunya menu dengan bahan  makanan seadanya, namun sesuai dengan kebutuhan dan selera teman-temannya. Dengan memasak yang berulang-ulang membuat seseornag menjadi trampil

  1. Kejujuran

Kejujuran dapat diperoleh dari perkemahan. Diperkemahan banyak sekali teman-teman dengan membawa barang-barang. Apabila yang tidak jujur pastilah barang teman-teman pramuka banyak yang hilang diperkemhan itulah kejujuran kita di uji dan kita tidak akan mencarinya.Kejujuran adalah sebuah pikiran yang dicita-citakan ksatria. kejujuran itu semacam kehormatan dimana ksatria sejati mementingkan kehormatannya, karena kehormatan itu sesuatu yang suci, seorang pramuka tentunya selalu dapat dipercaya, sekali saja kita tidak jujur, maka dari teman-teman sampai pembina tidak akan percaya hal itu merugikan kita. 

  1. Disiplin

Sikap disiplin secara tidak langsung akan terbentuk pada diri seorang pramuka diperkemahan. Kerena diperkemahan banyak kegiatan yang harus diselesaikan tepat waktu. Mulai dari bangun pagi, kegiatan telah berjalan sesuai dengan yang dijadwakan, sampai dengan menjelang tidur lagi. Semua diikuti dengan penuh gembira dan semangat.

Ketinggalan satu kegiatan saja akan membuat seorang pramuka kehilangan ilmu yang sangat berharga. Padahal kegiatan pramuka juga termasuk pendidikan, sehingga ilmunya diperlukan untuk setiap anggota. Dengan disiplin mengikuti segala kegiatan berarti ilmunya bertambah dan secara otomatis pengetahuan pun akan bertambah. 

  1. Kesederhanaan

Kesederhanan adalah suatu hal yang terbiasa oleh para pramuka, meskipun sebenarnya mereka lebih unggul dari pada orang lain dalam berbagai hal. Namun  begitu mereka tidak pernah sombong, karena kesombongan adalah pantang bagi pramuka, sombong sedikit saja citra buruk mengancam mereka. Kesederhanaan itu dapat dilihat dari segi  cara tidur mereka yang hanya beralas tikar bahkan terkadang rumput kering. Disamping itu juga dari tradisi makan  yang hanya dengan lauk seadanya dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Ketabahan hati

Pramuka tidak pernah kenal menyerah, mereka selalu bertahan sampai apa yang diusahakan tercapai. Bekerja keras dan tidak pernah takut kegagalan, karena untuk mendapatkan sesuatu tidak semudah membalikan telapak tangan, melainkan dengan penuh perjuangan. Orang harus bekerja keras  dahulu, agar kelak mendapatkan buah yang manis .

Bila tidak didasari dengan ketabahan niscaya orang akan cepat putus asa bila mengahadapi sesuatu. Pramuka senantiasa tersenyum bila menghadapi kesukaran. Masih bisa diingat saat di perkemahan walaupun panas mengahadang, rasa haus menerjang pramuka tetap semangat dalam mengikuti kegiatan.

https://haciati.co/