Mengenal Watch2Gether, Situs Karaoke Daring di Tengah COVID-19

Mengenal Watch2Gether, Situs Karaoke Daring di Tengah COVID-19

 

Mengenal Watch2Gether, Situs Karaoke Daring di Tengah COVID-19
Mengenal Watch2Gether, Situs Karaoke Daring di Tengah COVID-19

Ada banyak kegiatan untuk mengusir kebosanan yang bisa dilakukan selama di rumah saja dalam situasi yang masih diselimuti pandemi virus Corona COVID-19. Salah satunya karaoke dengan Watch2Gether yang bisa dilakukan secara daring.

Mengisolasi diri sendiri merupakan langkah paling sederhana untuk menekan penyebaran COVID-19. Namun, berada di rumah dalam waktu yang lama tanpa adanya kepastian kapan situasi ini berakhir tentu bisa menimbulkan dampak yang kurang baik.

Dilansir Psychology Today, salah satu efek psikis dari isolasi diri antara lain kebingungan, kemarahan, hingga gejala stres pasca-trauma. Kebosanan karena tak ada kepastian lama waktu isolasi, menjadi salah satu penyebab mengapa dampak tersebut bisa timbul.

Namun, kini masyarakat mempunyai cara baru dalam menghadapi rasa bosan di tengah isolasi. Salah satunya dengan melakukan karaoke daring menggunakan Watch2Gether.

Situs ini sejatinya merupakan platform yang digunakan untuk menonton video, mendengarkan musik, dan berbelanja daring secara bersama-sama dalam ruang obrolan virtual.

Watch2Gether menyediakan fitur pemutaran video dan audio melalui platform Youtube, Vimeo, DailyMotion, dan Soundcloud, serta ruang bercakap antar teman.

Selain itu, platform ini juga memungkinkan untuk berbelanja di Amazon, yang didukung dengan fitur Webcam. Fitur kamera web inilah yang “diakali” oleh banyak penggunanya sebagai sarana karaoke daring.

Untuk melakukan karaoke daring, pengguna hanya perlu mengunjungi situs Watch2Gether di mesin pencarian

melalui gawai atau PC. Kemudian, pilih ikon Create your room.

Saat ruang obrolan virtual telah dibuat, pengguna tinggal mengundang orang lain untuk bergabung dengan cara membagikan tautan yang menuju ruang tersebut.

Ketika semua telah berkumpul di ruang karaoke, pengguna tinggal mencari lagu yang sudah dibekali dengan lirik. Video dapat dicari melalui ikon pencarian yang tersedia dari peron-peron yang disediakan.

Sebagai tips, sebaiknya pengguna menuliskan kata kunci “karaoke” dalam pencarian videonya.

Misalnya, ketika menggunakan YouTube sebagai sarana, pengguna dapat menulis “Ed Sheran – Perfect Karaoke” saat mencari lagu untuk didendangkan beramai-ramai.

Tentu, Watch2Gether dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengusir kebosanan massal melalui karaoke daring.

Selain Watch2Gether, publik sudah ramai menggunakan aplikasi seperti Smule, WeSing, hingga TikTok, sebagai

sarana karaoke daring. Bedanya, Watch2Gether tak perlu diunduh di Appstore maupun Playstore.

Harus diakui, kegiatan sederhana seperti karaoke dapat menjadi alternatif hiburan di tengah pandemi. Selain sebagai pengusir rasa jenuh, bernyanyi secara berkelompok mempunyai dampak yang positif terhadap mental manusia.

Baca juga:

Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing di Rumah
Manfaat Melakukan Peregangan Tubuh Saat WFH
Bagaimana Nasib Bisnis Musik di Era Social Distancing?

Science Daily, merujuk penelitian Profesor Tom Shakespeare dari Norwich Medical School UEA dan Dr. Alice Whieldon yang bekerja sama dengan proyek Sing On Your Heath (SOYH) menjelaskan, bernyanyi sebagai bagian dari kelompok berkontribusi pada pemulihan orang dengan mental yang bermasalah.

Lebih jauh, laporan ini juga menunjukkan bagaimana kombinasi antara bernyanyi dan keterlibatan sosial (interaksi)

memberi orang-orang perasaan memiliki yang lebih. Selain itu, kesejahteraan juga dirasakan lebih sering yang berlangsung selama sehari atau lebih, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Kala orang-orang hari ini mengalami keterbatasan dalam interaksi sosial, serta rasa bosan dan jenuh, karaoke daring adalah jawaban. Kini, bersenandung ria bersama-sama bisa dilakukan dalam situsi physical distancing sekalipun.

Baca Juga: