PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER

Kata aman dapat didefinisikan sebagai terhindar dari serangan atau kegagalan atau ancaman (threat).

Suatu sistem baru dapat dikatakan aman apabila dalam segala keadaan, sumber daya yang digunakan dan yang diakses adalah sesuai dengan kehendak pengguna. Sayangnya, tak ada satu sistem komputer pun yang memiliki sistem keamanan yang sempurna.Oleh sebab itu setidaknya kita harus mempunyai suatu mekanisme tertentu yang dapat mencegah terjadinya pelanggaran pada sistem komputer kita.

Berdasarkan hasil riset dan survei serta berbagai laporan tentang kejahatan komputer yang terjadi dewasa ini, telah diketahui bahwa saat ini tak ada satu pun jaringan komputer yang dapat diasumsikan 100 persen aman dari serangan virus, spam, e-mail bomb, atau pun diterobos langsung oleh para hacker. Banyak hacker berpengalaman yang dapat dengan mudah melakukan hacking, memasuki jaringan komputer yang menjadi targetnya. Mereka sama sekali tidak terhalang mesikpun jaringan yang mereka tuju sudah mempunyai sistem keamanan yang diangggap baik oleh pemiliknya. Bahkan kini banyak sekali website internet yang menyebarkan informasi tentang bagaimana menembus jaringan komputer (penetrated), dan mengelabui sistem pengamanannya (security compromised). Informasi-informasi tersebut tersedia dalam bentuk kumpulan program, dokumentasi, naskah, dan utilities.

Banyak pertanyaan yang mungkin timbul di dalam pikiran kita. Mengapa kita membutuhkan keamanan, seberapa aman, atau apa yang hendak kita lindungi, seberapa penting data kita sehingga kita perlu memusingkan diri dengan masalah keamanan?

Di dalamm dunia global dengan komunikasi data yang berkembang pesat dari waktu ke waktu, dengan koneksi internet yang semakin murah, masalah keamanan ternyata masih sering luput dari perhatian para pemakai komputer meskipun sebenarnya masalah itu sudah menjadi isu yang sangat serius.

Bagi banyak pihak, keamanan data telah menjadi kebutuhan dasar mengingat semakin rentannya pengguna jringan global itu. Sebagai contoh, memindahkan data dari titik A ke titik B di internet, data harus melalui beberapa titik lain selama dalam perjalanan, yang membuka kesempatan bagi orang lain untuk mengubah taupun memotong data itu. Bahkan pengguna lain pada sistem dapat mengubah data Anda menjadi suatu yang tidak Anda inginkan. Akses ke sistem Anda, meskipun tidak Anda ijinkan, mungkin dapat dilakukan oleh penyusup, yang juga dikenal sebagai cracker, yang kemudian menggunakan keahliannya untuk berpura-pura menjadi Anda, mencuri informasi dari komputer Anda, atau bahkan menolak akses Anda ke sumber daya Anda sendiri.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengamankan sistem komputer kita?

Kembali kepada konsep awal bahwa tak ada satu sistem komputer pun yang aman secara sempurna, maka  hal  yang perlu kita lakukan dalam rangka mengamankan sistem komputer kita adalah dengan meminimalisasi celah keamanan yang ada pada komputer kita.

Namun, sebelum Anda berusaha mengamankan sistem komputer Anda dengan meminimalisasi celah yang ada, Anda harus terlebih dulu memikirkan beberapa hal. Yang perlu Anda pikirkan adalah tingkat ancaman yang akan Anda hadapi, seberapa kebal sistem yang tangguh sistem proteksi yang Anda punyai saat ini. Anda harus menganalisa sistem Anda untuk mengetahui apa yang akan anda lindungi, kenapa Anda melindunginya, seberapa besar nilai data yang Anda lindungi, dan siapa yang bertangggungjawab terhadap data dan aset lain dalam sistem Anda.

Baca Juga