Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen
Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen

 

Cerpen adalah cerita pendek. Dari segi artian tersebut, sudah dapat kita ketahui bersama bahwa cerpen merupakan kategori cerita yang pendek atau cerita yang panjang. Cerpen merupakan salah satu dari beberapa jenis pelajaran yang dibahas dalam pelajaran bahasa indonesia.

Pengertian cerpen menurut para ahli adalah

Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), cerpen berasal dari dua buah kata yaitu cerita pendek, cerita berarti tuturan mengenai bagaimana terjadinya sesuatu hal dan pendek memiliki arti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari sepuluh ribu suku kata yang mana memberikan sebuah kesan yang relatif dominan serta dalam ceritanya hanya berpusat pada satu tokoh saja.

Menurut Sumardjo dan Saini, cerpen adalah cerita fiktif ( tidak benar terjadi namun bisa saja terjadi kapanpun dan juga dimana saja ) dan ceritanya relatif pendek.
Menurut H. B. Jassin, cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus memiliki beberapa bagian penting, yaitu perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

Dari adanya pengertian menurut beberapa ahli diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian cerpen adalah sebuah cerita yang singkat (pendek) yang berbentuk prosa dan menceritakan tentang suatu hal. Berikut mengenai ciri-ciri cerpen dapat kalian jumpai dibawah ini.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/bagian-bagian-bunga/

Ciri-Ciri Cerpen

Adapun beberapa ciri-ciri cerpen yaitu :
Memiliki alur yang sederhana
Penerangan watak, latar dan juga tokoh cukup singkat
Memiliki sifat fiksi atau rekayasa
Ceritanya cukup padat, singkat dan intensif
Bahasa yang digunakan harus menarik pembaca
Habis dibaca dalam sekali duduk
Hanya terdiri dari satu alur atau plot
Jumlah tokoh pemeran hanya sedikit
Hanya terdiri dari 3 sampai 10 halaman