Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa

Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa

Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa

Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa

Kepatuhan adalah ketaatan kepada suatu perintah atau aturan. Sedangkan ketaatan yang didasrkan pada rasa hormat, bukan rasa rasa takut. Namun kepatuhan dalam dimensi pendidikan adalah kerelaan dalam tindakan terhadap perintah-perintah dan keinginan dari kewibawaan seperti orang tua atau guru.

Proses belajar mengajar disekolah dapat berjalan dengan lancer apabila tata tertib yang telah ditetapkan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar tersebut sekolah membuat peraturan-peraturan yang lebih dikenal tata tertib, namun dalam pelaksanaannya peraturan tersebut tidak berarti tanpa adanya kepatuhan dari berbagai pihak yang terkait di dalamnya terutama siswa sebagai peserta didik.

Demikian kepatuhan siswa disekolah merupakan serangkaian prilaku sisiwa dalam melaksanakan atau mentaati tata tertib yang berlaku disekolah atas dasar rasa hormat dan kesadaran sendiri demi tercapainya tujuan pendidikan. Melihat pengertian kepatuhan maka di dalam kepatuhan terdapat sejumlah unsure.

  1. Menerima normal/nilai-nilai.

“seseorang dikatakan patuh apabila yang bersangkutan menerima baik kehadiran norma-norma/nilai-nilai dari suatu peraturan meskipun peraturan tertulis.

  1. Penerapan norma-norma/nilai-nilai itu dalam hehidupan.

“seseorang dikatakan patuh jika norma-norma atau nilai-nilai dari suatu peraturan diwujudkan dalam perbuatan, bila norma atau nilai itu dilaksanakannya maka dapt dikatakan bahwa ia patuh.

  1. Menginstropeksi diri.

Instropeksi diri adalah suatu perbuatan yang menelaah kebelakang mengenai perbuatan yang pernah dilakukan. “seseorang yang berkeinginan untuk melihat perbuatannya yang lalu dan melakukan perbaikan merupakan suatu sifat bahwa ia berusaha untuk mengikuti aturan-aturan/nilai-nilai yang dinut dalam masyarakat atau kelompok orang.

Baca Juga