PENGERTIAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MENURUT PARA AHLI

MARBEL ET AL (1993)

Sistem Informasi Geografis menurut Marbel merupakan sistem penanganan data keruangan.

• BERRY (1998)

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem berbasis computer yang digunakan untuk memasukkan, mengelola, menyimpan, menganalisis dan mengaktifkan kembali data yang memiliki refrensi keruangan dalam berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan.

• ARRONOF (1989)

Sistem Informasi Geografis merupakan suatu sistem yang berbasis computer yang memiliki kemampuan dalam menangani sebuah data berefrensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (Penyimpanan dan pengambilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebgai hasil akhir (output).

Hasil akhir (output) tersebut dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada suatu masalah yang berhubungan dengan geografis.

• CHRISMAN (1997)

Sistem Informasi Geografis merupakan suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan dati dari manusia (brainware), organisasi dan sebuah lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, menyimpan, dan menyebarkan informasi- informasi mengenai daerah- daerah di permukaan bumi.

• GISTUT (1994)

Sistem Informasi Geografis merupakan sebuah sistem yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi- deskripsi lokasi dengan karakteristik- karakteristik fenomena yang dapat ditemukan di lokasi tersebut.

Sistem Informasi Geografis yang lengkap mencangkup metodologi dan teknologi yang dibutuhkan yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi.


Baca Juga :