Pengertian Telematika

Pengertian Telematika

Pengertian Telematika

Pengertian Telematika
Pengertian Telematika

Pengertian Telematika

Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “telematique” merupakan gabungan dari dua kata: telekomunikasi dan informatika.

Telematika adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi ( Telecommunication and Informatics ) sebagai wujud dari perpaduan konsep computing dan communication. Salah satu contoh telematika adalah Internet.

 

Contoh Aplikasi Telematika

  • E-commerce

E-commerce adalah proses jual beli produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Istilah lain dari E-commerce adalah E-business, contohnya adalah toko online, dan e-banking.

  • E-learning

E-learning adalah proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan konsep dasar dan konsuekensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

E-book

E-book ( Electronic Book )adalah buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. Dan e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan teknologi computer untuk menayangkan informasi text, multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis.

 

Teknologi dalam Telematika

  • ICT (Information and Communications Technology) ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • MCU (Multipoint Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.