Pengertian Umum  Seni Musik

Pengertian Umum  Seni Musik

Musik adalah bunyi yang mengandung unsur-unsur tertentu, yang diterima  oleh individu, kelompok, maupun golongan masyarakat yang berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya, dan selera seseorang.

      Berikut Beberapa pengertian Musik menurut beberapa tokoh dari berbagai bidang ilmu:

  1.    a)  G. Escher, Erikson, dan mantle Hood (ilmuwan)
    musik adalah sebuah gerakan yang dalam totalitasnya memiliki sifat-sifat ritmis, melodis, dan harmonis.
  2.    b) Aaron Copland (komposer)
    musik adalah bunyi yang terdiri dari 4 unsur pokok, yakni ritme, melodi, harmoni, dan tone color (warna nada).
  3.    c) Eduard Hanslick (komposer)
    musik adalah gerakan bunyi (the essence of music is sound in motion).
  4.    d) S. Laurila (penulis)
    musik adalah deretan nada yang secara objektif tidak lebih dari geteran-geteran udara , dan secara objektif hanya merupakan kesan-kesan pendengaran saja.
  5.    e) Aristoteles (filsuf)
    musik adalah curahan kekuatan tenaga batin dan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerak rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

            Jika ditinjau dari segi bentuknya, musik adalah sekumpulan nada yang mengandung ritme, melodi, dan harmoni, yang menjadi suatu kesatuan (unity), serta merupakan pernyataan ide musikal tertentu.

          Bahkan, kita dapat kita mendefinisikan musik sesuai pengalaman yang dimiliki. Akan tetapi, dapat disimpulkan secara singkat bahwa musik adalah bunyi yang harus memiliki unsur-unsur pokok seperti ritme, melodi, dan harmoni.

3

  1. Asal mula musik

Musik berasal dari bahasa yunani, “mousike” dan latin, “musica”. Kata “mousike” berasal dari kata  “mousa” (jamak:mousas), dalam bahasa latin “musa”, yunani  “mouskos”,  inggris  “muse”. Jadi dari kata “musica” lahirlah kata “musik”.

      Menurut mitologi yunani kuno, musica dimaksudkan sebagai “seni dari kaum musen”, atau “termasuk  kepunyaan mousas”. Musik adalah seni rupa milik salah satu dari kaum muzen yang berjumlah sembilan dewi.

      Menurut pujangga hesiodus, mahadewa zeus dengan permaisurinya mnemosyne mempunyai sembilan orang puteri . kesembilan dewi ini disebut kaum muzen. Kaum muzen dilahirkan di kaki gunung olympus dipersia. Masing-masing dewi memiliki /menguasai satu cabang seni atau ilmu. Ke-9 kaum muzen tersebut adalah:

 

Pos-pos Terbaru