Penggunaan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab

 Penggunaan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab

Perpustakaan merupakan pusat sarana akademisi. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal ilmiah,peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan seperti micro-fishmicro film, dll. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dmanfaatkaan oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.

Sumber belajar pada hakikatnya merupakan komponen sistem intruksional yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat dipahami sebagai segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin bahwa sumber belajar tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber tersebut harus memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:

    à  Harus dapat tersedia dengan cepat

    à  Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri

    à  Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para siswa dalam belajar mandiri.

Sumber  belajar dapat berasal dari berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber belajar, yakni ketika staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber yang dapat tersedia setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan siswa secara individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber belajar, contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti yang diuraikan sebelumnya.

Begitu juga dalam pembelajaran bahasa  arab perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut.[4]

  1. a)Keterampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan:

Ø  mengenal sumber informasi dan pengetahuan

Ø  menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks

Ø  menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti kamus, buku tahunan dan lain-lain.

  1. b)Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti:

Ø  memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah

Ø  mendokumentasikan informasi dan sumbernya

  1. c)Keterampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi,  seperti:

Ø  memahami bahan yang dibaca

Ø  membedakan antara fakta dan opini

Ø  menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun berlawanan.

  1. d)Keterampilan menggunakan informasi, seperti :

Ø  memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah

Ø  menggunakan informasi dan diskusi

Ø  menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.

 

sumber :

https://daftarpaket.co.id/seva-mobil-bekas/