Perancangan Pelanggan Global (global customer design)

Perancangan Pelanggan Global (global customer design)

Perancangan Pelanggan Global (global customer design)
Perancangan Pelanggan Global (global customer design)
Digunakan ketika perusahaan melayani pelanggan atau kelompok pelanggan yang berbeda-beda, masing-masing dengan kebutuhan khusus yang memerlukan keahlian atau perhatian khusus.Perancangan ini bermanfaat ketika berbagai kelompok pelanggan yang dibidik perusahaan sangat berbeda sehingga membutuhkan pendekatan pemasaran yang benar-benar berbeda. Disisi lain perancangan pelanggan global dapat menghasilkan duplikasi sumber daya yang signifikan jika setiap kelompok pelanggan membutuhkan area dan spesialis fungsional sendiri. kordinasi antara divisi-divisi yang berbeda juga sulit karena setiap divisi hanya memperhatikan pasar-pasar yang pada dasarnya berbeda.
Perancangan Matriks Global
Perancangan Matriks Global adalah perancangan organisasi internasional yang paling kompleks. Perancangan ini merupakan hasil dari menempatkan bentuk perancangan organisasi ke bentuk perancangan yang sudah ada sebelumnya namun berbeda. Keuntungan Perancangan matriks Global adalah bahwa perancangan ini menggabungkan keahlian fungsional dan produk suatu perusahaan ke dalam tim untuk mengmbangkan produk baru atau merespon tantangan baru di pasar modal. Akan tetapi, perancangan matriks global ini memiliki keterbatasan :
  • Perancangan ini tidak cocok untuk perusahaan yang memiliki sedikit jenis produknya dan yang beroperasi di pasar yang relative stabil.
  • Perancangan ini sering membuat karyawan berada pada posisi yang ia harus bertanggung jawab pada lebih dari 1 manajer.

 

Di satu sisi, sebagian tujuan perancangan ini meliputi pemberian kekuasaan pengambilan  keputusan ke tangan manajer-manajer yang paling dapat menggunakannya dengan cepat. Di sisi lain, karena hubungan pelaporan yang begitu kompleks dan tidak jelas, mendapatkan persetujuan atas keputusan penting biasanya membutuhkan waktu lama. Dan terakhir, perancangan matriks global cenderung meningkatkan kompromi atau keputusan yang didasarkan oada kekuatan politik yang melibatkan para manajer.