Perancangan produk global

Perancangan produk global

Perancangan produk global

Perancangan produk global
Perancangan produk global
Perancangan produk global mengatur agar produk atau kelompok produk tertentu dikerjakan menurut divisi-divisi operasi di perusahaan itu. Perancangan ini berhasil dengan baik jika perusahaan memiliki berbagai lini produk atau lini produknya dijual di berbagai pasar yang berbeda sehingga koordinasi antar lini tidak terlalu penting.
Perancangan area global
Perancangan area global mengatur aktivitas perusahaan menurut area tertentu di dunia yang bermanfaat untuk perusahaan yang strateginya berupa dorongan pemasaran. Fokus geografis dari perancangan ini membuat perusahaan mampu mengembangkan keahlian tentang pasar lokal, manajer- manajer area dapat dengan bebas menyesuaikan produk-produk perusahaan untuk memenuhi selera lokal dan dapat dengan cepat menanggapi perubahan di pasar lokal.
Perancangan Fungsional Global (global fungsional design)
Mengharuskan perusahaan mendirikan departemen atau divisi yang memiliki tanggung jawab global untuk fungsi-fungsi organisasi yang lazim-keuangan, operasi, pemasaran, R&D, dan manajemen sumber daya manusia. Perancangan ini dipakai oleh perusahaan multinational yang memiliki lini produk sama dan relative sempit.
Perencanaan ini memberikan beberapa keuntungan :
  1. Perusahaan dengan mudah dapat mentransfer keahlian dalam setiap area fungsional.
  2. Manajer memiliki pengendalian yang terpusat atas operasi-operasi fungsional.
  3. Perancangan fungsional global ini berfokus pada fungsi-fungsi kunci dalam perusahaan.

 

Mengesampingkan keuntungannya, perancangan ini tidak cocok untuk sebagian bisnis, karena:
  • Perancangan fungsional global ini praktis dipakai hanya jika perusahaan hanya memiliki cukup sedikit produk atau konsumen.
  • Koordinasi antar divisi juga sangat penting
  • Ada kemungkinan duplikasi sumber daya di antara manajer.

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/