Perjuangan Salman Ikut LKS SMK Nasional 2019

Perjuangan Salman Ikut LKS SMK Nasional 2019

Perjuangan Salman Ikut LKS SMK Nasional 2019

Perjuangan Salman Ikut LKS SMK Nasional 2019
Perjuangan Salman Ikut LKS SMK Nasional 2019

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional 2019 kembali dihelat.

Salman Algi Muhammad Isya menjadi perwakilan Jawa Barat (Jabar) dalam kontingen plumbing.

Kompetisi akbar yang seluruh pesertanya berasal dari sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia ini berlangsung di Jogjakarta. Salman merupakan salah satu dari 759 peserta yang mengikuti 32 bidang lomba sesuai kompetensinya masing-masing.

Plumbing adalah perlombaan yang berhubungan dengan pelaksanaan, pemeliharaan serta perbaikan alat plumbing dan pipa serta peralatannya di dalam atau di luar gedung dengan sistem drainase saniter, drainase air hujan, ven, dan air minum yang dihubungkan dengan sistem kota. Lebih tepatnya, perlombaan tentang instalasi air bersih, kotor, dan panas yang biasanya ada di hotel atau apartemen.

Awalnya para peserta menerima sebuah gambar instalasi pipa beserta desain

dan ukurannya, kemudian diberikan bahan material dan peralatan untuk membuat instalasi serupa. Aktivitas yang dilakukan peserta adalah menyelesaikan tugas tersebut, antara lain memotong pipa, mengelas, menyambung pipa, dan membuat aliran pipa. Salman pun mengakui, pengerjaannya tidak mudah, terlebih pada pelatihan sebelumnya ia pernah mengalami kecelekaan terkena besi panas.

”Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk memberikan hasil terbaik bagi Jawa Barat. Terlebih, saya sudah berlatih sejak 9 hingga 10 bulan yang lalu,” ujar pemuda kelahiran Cimahi, 18 Januari 2002 tersebut.

Lomba kompetisi ini digelar pemerintah sebagai wadah atau sarana bagi siswa agar dapat berkreasi. Berbagai pengalaman yang didapatkan oleh Salman menjadi bekal dirinya dalam mengikuti perlombaan kali ini. Selain itu, motivasi dan semangat dari orang-orang terdekat menjadi kekuatan tersendiri baginya.

”Tentu orang tua sangat mendukung, terutama dalam memotivasi

. Inilah yang mendorong saya agar bisa membanggakan orang tua dan memberikan hasil terbaik bagi keluarga dan Jawa Barat,” tuturnya.
Salman pun bersyukur dengan fasilitas yang diberikan pemerintah kepada peserta lomba. Mulai dari akomodasi yang memadai dan pelayanan yang sangat baik sehingga peserta dapat mengikuti lomba dengan tenang.

 

Baca Juga :