Perkembangan Janin 5 Bulan (20 Minggu)

Perkembangan Janin 5 Bulan (20 Minggu)

perkembangan janin 5 bulanSaat usia 5 bulan, janin akan memiliki perkembangan yang signifkan dibandingkan dengan usia 4 bulan. Perkembangan janin dalam tahap ini sudah mampu mengenali lingkungan yang ada di sekitarnya ditunjang dengan organ janin yang semakin berkembang sempurna. Janin bisa merasakan berbagai macam rangsangan yang ada di sekitarnya, janin pun juga sudah bisa merasakan berbagai macam sensasi yang ada di sekitarnya.
Janin sudah memiliki alis mata dan juga rambut halus yang ada di sekitar tubuhnya. Lanugo yang tumbuh saat usia janin berusia 4 bulan kini tumbuh lagi di usia janin 5 bulan. Rambut di kepala perlahan-lahan mulai tumbuh. Janin pun memiliki gerakan yang lebih keras dibandingkan usia sebelumnya. Janin juga sudah memiliki pola tidur yang teratur, saat pagi hari sampai dengan sore hari janin akan tidur di dalam rahim.

PERKEMBANGAN JANIN

Janin saat usianya masuk 5 bulan, janin sudah mulai aktif terutama di malam hari. Banyak ibu hamil yang tidak tahu perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya. Manfaat USG kehamilan sangat berguna untuk memantau perkembangan janin 5 bulan ini. Namun perkembangan janin yang juga harus diketahui oleh ibu hamil meski tanpa menggunakan bantuan USG :
1- Kulit yang menutupi janin sudah mulai terbentuk, jaringan kulit yang halus dan lembut sudah mulai terbentuk pada janin tersebut. Lapisan kulit pada janin pun terbagi menjadi dua lapisan, dua lapisan itu adalah lapisan epidermins dan juga lapisan dermis. Lapisan kulit luar dan juga lapisan dalam suidah terbentuk pada janin yang usianya 5 bulan.
2- Lapisan kulit epidermis atau lapisan kulit bagian luar membentuk suatu pola tertentu. Pola itu dibentuk pada ujung jari, ujung telapak tangan dan juga ujung telapak kaki.
3- Lapisan kulit dermis akan membentuk sel-sel atau pembuluh darah yang kecil, pembentuk syaraf dan juga pembentukan lemak.
4- Janin sudah mulai tumbuh besar dan mulai banyak minum air ketuban. Volumenya pun lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
5- Wajah janin sudah mulai nampak dan menunjukkan kemiripan wajah ibunya atau wajah ayahnya.
6- Janin sudah mulai meregangkan otot lebih sering dibandingkan sebelumnya.
7- Panca indera janin sudah mulai terlihat aktif, terutama indera penglihatannya yang lebih sempurna dibandingkan dengan sebelumnya.
8- Kulit janin yang sudah terbentuk dan terbagi tersebut sudah lebih sensitif terhadap rangsangan dan sentuhan. Kulit janin masih dalam tahap tipis.
9- Janin mulai memiliki indera perasaan yang lebih sensitif dibandingkan dengan sebelumnya.
10- Pendengaran janin lebih berkembang dibandingkan saat usianya 4 bulan, janin juga sudah bisa merespons berbagai macam suara yang dia tangkap.
11- Janin sudah memiliki perlindungan diri dengan nama vernix caseoda. Vernix caseoda tersebut merupakan cairan yang janin keluarkan dari jaringan minyaknya. Fungsinya adalah untuk melindungi kulitnya yang masih tipis dan juga masih lembut. Fungsi dari kelenjar itu adalah untuk menjaga temperatur tubuhnya agar bisa menyesuaikan dengan temperatur sang ibu. Jika kondisi di dalam rahim terlalu dingin, janin bisa menghangatkan tubuhnya. Namun jika dalam kondisi panas, janin tidak bisa mendinginkan temperatur tubuhnya, sehingga janin tidak akan bisa bertahan dengan kondisi ibu hamil dalam suhu panas tinggi.
12- Sistem imun janin juga akan terbentuk, sistem imun yang sederhana tersebut bisa digunakan janin untuk melindunginya dari sakit atau infeksi yang akan menyerangnya.
13- Lemak janin mulai terbentuk, lemak tersebut digunakan untuk membantu keseimbangan suhu tubuh janin di dalam rahim. Kelenjar lemak pun mulai terbentuk perlahan tapi pasti.
14- Ginjal janin pun mulai terbentuk dan janin selain bisa meminum air ketuban, janin juga bisa menghasilkan urin atau air seni sendiri.
15- Perkembangan janin 5 bulan akan memiliki ukuran sebesar 7,4 inci.
16- Kebutuhan darah dalam janin meningkat tajam, tidak heran ibu hamil banyak yang mengalami anemia saat janin berusia 5 bulan.
17- Otot janin semakin bertambah kuat setiap minggunya, sehingga ibu hamil dapat merasakan gerakan janinnya secara teratur terutama di malam hari. Gerakan janin tersebut hanya seperti gelembung-gelembung yang meletus terkena air.
18- Janin memiliki gerakan selama 200 kali dalam seharinya, namun ibu hamil hanya bisa merasakan sedikit gerakannya terutama saat malam hari.