Perkembangan Janin 6 Bulan (24 Minggu)

Perkembangan Janin 6 Bulan (24 Minggu)

Ibu hamil harus mengetahui bagaimana perkembangan janin dari waktu ke waktu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah janin yang di dalam kandungannya seperti seharusnya. Hal yang harus diperhatikan adalah organ-organ pembentukannya dan juga berat badan janin ideal serta janin memiliki panjang yang ideal.
Janin yang memiliki berat badan tidak ideal sangat tidak bagus, sebab janin dengan berat badan yang kurang dari normal bisa membuatnya diletakkan di dalam inkubator. Janin dengan berat badan yang tidak normal memiliki organ yang tidak normal pula sehingga ke depannya, sehingga membuat janin tidak bisa tumbuh karena  organ yang kurang berfungsi. Oleh sebab itu tugas seorang ibu adalah memantau terus perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya.

PERKEMBANGAN JANIN

Usia kehamilan yang memasuki usia 6 bulan bisa dikatakan usia kehamilan yang cukup matang janin pun bisa dikatakan sudah dewasa. Janin sudah mendekati membentuk manusia yang sempurna sebab perkembangan panca inderanya cukup matang. Semua panca indera yang sudah terbentuk saat usianya memasuki 5 bulan, kini saat usianya memasuki 6 bulan semakin berkembang secara sempurna.
Berikut ini perkembangan janin 6 bulan yang harus ibu ketahui dan ibu perhatikan :
1- Kulit janin yang saat usia 5 bulan terlihat transaparan dan sangat lembut. Saat usianya memasuki usia 6 bulan kini sudah mulai terlihat lebih tebal bahkan menyerupai kulit orang dewasa. Namun meski sudah terlihat lebih tebal tentu saja jaringan kulitnya belum terlihat sempurna.
2- Indera mata pun lebih berkembang sempurna dibandingkan dengan sebelumnya. Retina mata janin sudah mulai terbentuk dengan sempurna meskipun janin belum bisa melihat. Sensitifitas terhadap cahaya meningkat tajam.
3- Janin sudah mulai terbentuk aliran paru-parunya dan di dalam paru-paru sudah bisa menghasilkan surfactant. Surfactant tersebut merupakan cairan yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya lengket antara paru-paru satu dengan paru-paru yang lain. Meskipun begitu, paru-paru bayi belum siap dan belum matang seperti paru-paru bayi yang memasuki perkembangan janin 9 bulan di dalam kandungan. Paru-paru merupakan organ terakhir yang disempurnakan fungsinya sehingga paru-paru bayi baru akan matang ketika usia bayi sudah memasuki usia kehamilan 9 bulan.
4- Kepala janin sudah normal menyerupai janin yang siap untuk dilahirkan ke dunia, jam tidur bayi sedikit demi sedikit mulai berkurang. Sehingga ibu hamil bisa merasakan pergerakan janin saat pagi hari atau sore hari. Saat malam hari pergerakan janin lebih aktif dibandingkan dengan pagi atau sore hari.
5- Perkembangan janin 7 bulan akan memiliki berat sekitar 600 gram dan panjan
Sumber :https://areaponsel.com/asus-janjikan-update-oreo-untuk-zenfone-3-dan-4/