Permasalahan dalam Industri Manufaktur

Permasalahan dalam Industri Manufaktur

Permasalahan dalam Industri Manufaktur
Permasalahan dalam Industri Manufaktur

Industri manufaktur di LDCs lebih terbelakang dibandingkan di DCs, hal ini karena :

Total factor production rendah (Produktivtyas F.P secara parsial maupun total rendah)
  1. Keterbatasan teknologi
  2. Kualitas Sumber daya Manusia
  1. Keterbatasan dana pemerintah (selalu difisit) dan sektor swasta
  2. Kerja sama antara pemerintah, industri dan lembaga pendidikan & penelitian

    masih rendah

Masalah dalam industri manufaktur nasional:

  1. Kelemahan struktural
  • Basis ekspor & pasar masih sempitè walaupun Indonesia mempunyai banyak sumber daya alam & TK, tapi produk & pasarnya masih terkonsentrasi:
  1. terbatas pada empat produk (kayu lapis, pakaian jadi, tekstil & alas kaki)
  2. Pasar tekstil & pakaian jadi terbatas pada beberapa negara: USA, Kanada,

          Turki & Norwegia

  1. USA, Jepang & Singapura mengimpor 50% dari total ekspor tekstil &

          pakaian jadi dari Indonesia

  1.   Produk penyumbang 80% dari ekspor manufaktur indonesia masih mudah

          terpengaruh oleh perubahan permintaan produk di pasar terbatas

  1. Banyak produk manufaktur terpilih padat karya mengalami penurunan

          harga muncul pesaing baru seperti cina & vietman

  1. Produk manufaktur tradisional menurun daya saingnya sbg akibat factor

         internal seperti tuntutan kenaikan upah

  • Ketergantungan impor sangat tinggi

1990, Indonesia menarik banyak PMA untuk industri berteknologi tinggi seperti kimia, elektronik, otomotif, dsb, tapi masih proses penggabungan, pengepakan dan assembling dengan hasil:

  1. Nilai impor bahan baku, komponen & input perantara masih tinggi diatas

    45%

  1. Industri padat karya seperti tekstil, pakaian jadi & kulit bergantung kepada

    impor bahan baku, komponen &  input perantara  masih tinggi.

  1. PMA sector manufaktur masih bergantung kepada suplai bahan baku &

    komponen dari LN

  1. Peralihan teknologi (teknikal, manajemen, pemasaran, pengembangan

    organisasi dan keterkaitan eksternal) dari PMA masih terbatas

  1. Pengembangan produk dengan merek sendiri dan pembangunan jaringan

    pemasaran masih terbatas

  • Tidak ada industri berteknologi menengah
  1. Kontribusi industri berteknologi menengah (logam, karet, plastik, semen)

                thd pembangunan sektor industri manufaktur menurun tahun 1985 -1997.

  1. Kontribusi produk padat modal (material dari plastik, karet, pupuk, kertas,

                besi & baja) thd ekspor menurun 1985 – 997

  1. Produksi produk dg teknologi rendah berkembang pesat.
  • Konsentrasi regional

                Ndustri mnengah & besar terkonsentrasi di Jawa.

  1. Kelemahan organisasi
  • Industri kecil & menengah masih terbelakangèproduktivtas rendahèJumlah Tk masih banyak (padat Karya)
  • Konsentrasi Pasar
  • Kapasitas menyerap & mengembangkan teknologi masih lemah
  • SDm yang lemah
  1. Strategi Pengembangan Sektor Industri

Startegi pelaksanaan  industrialisasi:

  1. Strategi substitusi impor (Inward Looking).

Bertujuan mengembangkan industri berorientasi domestic yang dapat  menggantikan produk impor. Negara yang menggunakan strategi ini adalah Korea & Taiwan

Pertimbangan menggunakan strategi ini:

  • Sumber daya alam & Faktor produksi cukuo tersedia
  • Potensi permintaan dalam negeri memadai
  • Sebagai pendorong perkembangan industri manufaktur dalam negeri
  • Kesempatan kerja menjadi luas
  • Pengurangan ketergantungan impor, shg defisit berkurang
  1. Strategi promosi ekspor (outward Looking)

Beorientasi ke pasar internasional dalam usaha pengembangan industri   dalam negeri yang memiliki keunggulan bersaing.Rekomendasi agar strategi ini dapat berhasil :

  • Pasar harus menciptakan sinyal harga yang benar yang merefleksikan kelangkaan barang ybs baik pasar input maupun output
  • Tingkat proteksi impor harus rendah
  • Nilai tukar harus realistis
  • Ada insentif untuk peningkatan ekspor

Sumber : https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/seva-mobil-bekas/