Permintaan dan Penawaran

Permintaan dan Penawaran

Permintaan dan Penawaran

Permintaan merupakan perkiraan akan kemungkinan kebutuhan konsumen yang bisa kita penuhi dengan produk kita. Sedangkan penawaran merupakan jumlah produk yang akan kita tawarkan kepada pasar berdasarkan akan kemampuan produk kita. Jika permintaan melebihi penawaran maka konsumen akan kecewa dan berdampak buruk pada proses berikutnya. Sebaliknya, jika penawaran melebihi permintaan maka akan mengakibatkan kerugian financial karena barang menjadi bertumpuk dan tidak laku.

Permintaan dan penawaran produk akan ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Nilai produk yang diberikan kepada konsumen. Setiap produk hendaknya memberikan satu nilai kepuasan kepada konsumen yang memakainya atau menikmatinya.
  2. Harga yang dikenai kepada konsumen. Semakin tinggi nilai kepuasan maka semakin tinggi pula kesediaan konsumen untuk membeli dengan harga lebih.
  3. Harga produk sejenis maupun subsidi. Jika harga terlalu tinggi tetapi nilainya rendah maka produk tersebut akan ditinggal oleh pembelinya atau tidak terjadi permintaan.
  4. Kualitas produk yang ditawarkan. Kualitas produk yang bagus akan diikuti pula dengan kualitas bahan baku yang dipakai, maka harga jual juga akan ikut tinggi.
  5. Teknologi yang dipergunakan. Teknologi yang dipakai akan sangat mempengaruhi biaya produksi. Dengan biaya produksi yang tinggi maka harga penjualan akan tinggi. Akibatnya permintaan dan penawaran akan ikut terpengaruhi juga. [4]
  6. Bentuk Pasar

Dari segi produsen, pasar digolongkan menjadi:

  1. Pasar persaingan sempurna

             Dalam pasar ini jumlah produsen tidak terbatas dan adanya kebebasan dalam menentukan penjualan produk. Keluar masuknya produsen sangat bebas dan informasi penyebaran mengenai produk sangat efisien, dan jenis produk memiliki perbedaan yang sangat tipis atau hampir tidak ketara.

  1. Pasar monopoli

             Dalam pasar ini produsen hanyalah satu pihak dan bisa menjadi satu-satunya karena kemampuan akan menguasai sebuah teknologi produksi tertentu yang telah dipatenkan, adanya proteksi peraturan pemerintah karena penguasaan akan hajat hidup rakyat banyak, dan penguasaan akan sumber daya alam tertentu yang diperbolehkan oleh peraturan pemerintah.

  1. Pasar oligopoli

             Merupakan perluasan dari pasar monopoli, di mana jumlah produsen lebih dari satu akan tetapi terbatas. Dalam pasar ini, para produsen membentuk kartel dalam penentuan harga penjualan sehingga konsumen memiliki pilihan yang terbatas.

baca juga :