Persamaan dan Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia Dan Inggris

Persamaan dan Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia Dan Inggris

Persamaan dan Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia Dan Inggris

Persamaan:

  1. Lembaga legislatif kedua negara menganut sistem bikameral (dua kamar)
  2. Keduanya menganut sistem multi partai

Perbedaan:

  1. Inggris menganut sistem pemerintahan parlementer sedangkan Indonesia menganut sistem presidensial.
  2. Inggris tidak memiliki konstitusi tunggal dan tertulis, sedangkan Indonesia  memiliki Konstitusi tunggal dan tertulis dalam UUD 1945
  3. Dalam pemerintahan Inggris menteri-menteri dalam kabinet bertanggung jawab kepada parlemen sedangkan menteri dalam kabinet pada pemerintahan Indonesia bertanggung jawab kepada eksekutif dalam hal ini presiden.
  4. Pemegang kekuasaan eksekutif inggris dalam hal ini perdana menteri, dipilih oleh ratu dari partai yang berkuasa sedangkan Presiden di Indonesia dipilih oleh rakyat melalui PEMILU Langsung.
  5. Inggris tidak memiliki lembaga peradilan tertinggi, Indonesia memiliki lembaga peradilan tertinggi yakni Mahkamah Agung.

2.3 Perbedaan Budaya Indonesia Dengan Budaya Inggris

  1. Agama

Masyarakat Indonesia memeluk agama Islam, Hindu, Buddha, serta keyakinan animisme dan dinamisme sebelum kedatangan bangsa asing. Agama baru yang dikenalkan mereka adalah Kristen Katolik yang dibawa oleh kaum Portugis yang disebut misionaris, serta agama Kristen Protestan oleh Belanda yang disebut zendeling. Penyebar Kristen Katolik yang terkenal ialah, Fransiscus Xaverius. Ia seorang Portugis. Ia menyebarkan agama Kristen Katolik dengan membawa lonceng di tangannya, mengumpulkan warga, dan memerintah kepada pengikutnya untuk mengajarkan kepada orang lain secara berturut-turut. Xaverius juga berhasil membaptis ribuan orang di wilayah Maluku. Agama Kristen Katolik berkembang di Maluku, NTT, Sulawesi Utara, Pulau Siau dan Sangir.

Golongan pembaharu Kristen memisahkan diri dari Gereja Katolik Romawi disebut Protestan. Para penyebar agama ini disebut zendeling. Mereka adalah orang Belanda. Mereka juga mendatangkan guru-guru Injil dan pendeta-pendeta dari Belanda, mendirikan sekolah-sekolah, dan membiayai upaya penerjemahan Injil ke dam bahasa setempat. Agama baru tersebut berkembang di Indonesia bagian timur. Kedua agama ini memiliki gedung tempat ibadah yang disebut gereja. Seni bangun gereja Katolik mengikuti gaya Romawi dan Gotik, sementara Kristen mengikuti tradisi arsitektur masyarakat setempat.

baca juga :