Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Aliyah

Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Aliyah

Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Aliyah

Penggunaan metode yang digunakan oleh para guru biasanta hanya menggunakan metode yang tetap atau monoton. Padahal pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ini, guru harus menggunakan metode yang bervariasi. Sehingga para murid dulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan juga dalam mempraktikkannya murid juga tidak banyak dalam hal tersebut. Padahal mata pelajaran ini banyak menekankan pada aspek perilaku yang dihasilkan atau yang dilakukan oleh siswa

  1. Penyelesaian Masalah Terhadap Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Setelah diketahui adanya problematika seperti pada uraian di atas, maka diperlukan adanya tindakan dalam memecahkan masalah tersebut agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga kompetensi dasar dapat dicapai. Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Adapun alternatif dalam penyelesaian masalah dalam pengajaran Aqidah Akhlak antara lain:

Ø  Perencanaan

Pada tahap perencanaan ini langkah yang dilakukan adalah:

1)      Membuat perencanaan metode pembelajaran yang tepat sesuai materi pembelajaran.

2)      Membuat lembar observasi untuk menilai pola interaksi yang terjadi antara siswa dan guru peneliti, yang diamati langsung oleh kolaborator.

3)      Guru membuat evaluasi formatif untuk mengetahui daya serap siswa.

Ø  Pengamatan pada saat pelaksanaan pembelajaran guru mengamati langsung kepada peserta didik bagaimana respons peserta didik dalam menerima pelajaran yang telah disampaikan dengan penggunaan metode yang diterapkan oleh guru. Apabila dirasa kurang bisa diserap oleh sebagian murid maka sewaktu-waktu guru akan mengganti strategi pembelajaran sesuai kemampuan siswa yang dirasa siswa enak dalam menerima pelajaran tersebut.

sumbe r:

https://deevalemon.co.id/witchdom-apk/